LInK Desak Polisi, Usut Tuntas Dugaan Penyimpangan Proyek BK di Disperta Jombang

bangunan saluran drainase tersier yang rusak

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Aan Anshori selaku aktifis Lingkar Indonesia untuk Keadilan (LInK) mendesak aparat Kepolisian untuk mengusut tuntas adanya dugaan penyimpangan proyek Bantuan Keuangan (BK) yang ada di Dinas Pertanian (Disperta) Jombang. Hal ini dikarenakan banyaknya bangunan saluran irigasi  yang didanai oleh BK Provinsi Jatim tahun anggaran 2016, yang kini kondisinya sudah rusak.

“ Itu duit yang cukup besar, dan setiap proyek memang sangat rawan korupsi. Sampai dibuktikan sebaliknya, LInK meyakini proyek tersebut bermasalah,” kata Aan pada kanalindonesia.com, Minggu 6 Agustus 2017.

Masih menurut penjelasan Aan, pihaknya mendukung Kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut dan tidak main-main. “ Kepolisian Jombang saat ini perlu membuktikan dirinya, dan juga harus handal dalam membongkar kasus korupsi serta berani menetapkan tersangka kakap, sebab selama ini hanya level bawah saja yang ditangkap,” ujarnya.

Baca:  FRMJ : Polisi Jangan Nunggu Dapat Sorotan, Baru Kejar DPO
papan proyek salah satu proyek BK yang diduga bermasalah

Lanjut Aan, pihaknya meminta Kapolres agar tidak bermain-main sebab Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus memonitor beberapa daerah. Dan beberapa hari lalu, KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap beberapa elit di Sumenep, termasuk Bupati dan Kepala Kejaksaan. “ Saya berharap kejadian di Sumenep tidak terjadi di Jombang,” pungkasnya.

Sementara itu AKP Wahyu Norman Hidayat, selaku Kasat Reskrim Polres Jombang, mengaku bahwa pihaknya masih mendalami adanya dugaan penyimpangan dana BK di Disperta, bahkan pihaknya juga sudah memanggil pihak-pihak yang terkait.

“kemarin yang bersangkutan (red : Kepala Disperta) sudah kita panggil. Saat ini penyelidikan masih berlanjut, dalam waktu dekat kita akan kembali panggil kembali saksi-saksi yang berkaitan dengan proyek itu,” tukasnya.(elo)

Baca:  2 Bulan Jalankan Bisnis Prostitusi, Papi In Lounge Pub & Karaoke Kota Madiun Diamankan Polda Jatim