Jual Beli Ayam, Pria Ini Tipu Korbannya Hingga Puluhan Juta

tersangka AD saat diamankan di Polsek Bareng

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Kepolisian Sektor (Polsek) Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur mengamankan seorang pedagang ayam, AD (49) warga asal Dusun Jlopo, Desa Tebel, Kecamatan Bareng, Jombang Jawa Timur.

Hal ini dikarenakan AD diduga melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan kebiasaan memperjualbelikan ayam untuk dirinya atau orang lain dengan tidak melunasinya. Akibat perbuatan tersangka AD, total kerugian korbannya mencapai puluhan juta.

AKP Lely Bahtiar selaku Kapolsek Bareng menjelaskan, penangkapan tersangka AD berawal dari adanya sejumlah laporan dari masyarakat, yang mengaku menjadi korban atas penipuan yang dilakukan tersangka.” Korban dari tersangka AD yakni, MS (41) seorang pedagang ayam, mengalami kerugian kurang lebih 46 juta rupiah, EA (30) seorang pedagang ayam mengalami kerugian 2,8 juta, dan UY (44) mengalami kerugian 14 juta rupiah,” kata Lely, Senin 7 Agustus 2017.

Baca:  Polres Bangkalan Bekuk Kurir Sabu -Sabu Seharga 200 Juta Lebih 

Lanjut Lely, modus operandi yang dilakukan tersangka yakni, tersangka membeli ayam pada korban, namun tersangka tidak membayar secara lunas (red : utang), dan kejadian itu berulang-ulang dilakukan tersangka. Selanjutnya setelah total uang yang belum dilunasi tersangka sudah banyak, saat di tagih oleh pihak korban tersangka selalu berkelit, dan tidak dilunasi. Atas kejadian tersebut sejumlah korban melaporkan tersangka ke Polisi.

Imbuh Lely, kini tersangka beserta sejumlah barang bukti diamankan di Polsek, untuk kepentingan lebih lanjut.“ tersangka dijerat dengan pasal 379 huruf a KUHP, dengan ancaman pidana kurungan paling lama 4 tahun penjara,” pungkasnya.(elo)