Awas !!! Ada Oknum Verifikasi DD Abal-Abal, Bergentayangan

salah satu berkas program DD salah satu Desa d Jombang yang di verifikasi oknum

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Carut marutnya sejumlah program desa yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diduga disebabkan adanya oknum penagawai negeri sipil (PNS) yang mengaku menjadi tim Verifikator teknis, bahkan oknum tersebut berani meminta pekerjaan pembangunan fisik pada sejumlah Desa yang didampinginya.

” salah satu tim verifikator yang dari DPMD minta proyek fisik Desa, di Kecamatan Megaluh. Bahkan orangnya juga minta bagian dari keuntungan proyek sebesar 40 %,” ujar salah satu Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dari Desa di Kecamatan Megaluh yang namanya enggan untuk dipublikasikan, Senin 7 Agustus 2017.

Baca:  Layanan Kependudukan Jombang Amburadul, Berkas Pemohon Antre Diletakkan Berderet Diatas Tanah

Sementara itu Darmaji selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), mengaku bahwa pihaknya tidak pernah merekomendasi staffnya untuk menjadi tim verifikasi teknis DD.” itu oknum mas atau pribadi sifatnya. Karena saya tidak pernah memberikan rekomendasi atau izin pada staaf DPMD untuk menjadi tim verifikasi,” papar Darmaji.

Dari data yang dihimpun kanalindonesia.com, sejak tahun 2014 tim teknis verifikasi DD memang pernah diajukan oleh DPMD, dan berdasarkan SK Bupati Jombang ada tiga nama, yakni Saian, Mujadid dan Narto.

Namun salah satu tim verifikator yakni Narto, sudah pensiun, karena masa kerjanya habis, dan hingga kini belum ada pergantian, atau perubahan tim verifikator yang baru, namun dilapangan banyak sekali Desa-desa yang secara teknis pekerjaannya di verifikasi oleh oknum yang berinisal HF dari dinas DPMD. Bahkan sejumlah pekerjaan yang diverifikasi oleh oknum tersebut, belakangan diketahui bermasalah.(elo)

Baca:  Wujudkan Swasembada Pangan, Kuncinya Cegah Alih Fungsi Lahan