Berlaku Larangan Besuk Tahanan LP Nusakambangan

LP Nusakambangan
LP Nusakambangan
KANALINDONESIA.COM : Kementerian Hukum dan HAM memberlakukan larangan berkunjung bagi para pembesuk narapidana di semua lembaga pemasyarakatan (LP) di Pulau Nusakambangan terhitung Senin (25/07/2016).

“Mulai hari ini sampai batas waktu yang tidak ditentukan, seluruh LP di Nusakambangan tidak boleh dikunjungi terkait dengan hal khusus,” ujar Kepala Divisi Pemasyaratan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Molyanto.

Mulyanto mengaku jika pembatasan kunjungan merupakan kewenanganya, akan tetapi soal eksekusi adalah bukan menjadi kewenanganya, namun menjadi ranah kejaksaan.

Sementara saat ini ada enam terpidana mati dari berbagai lembaga pemasyarakatan di Indonesia yang dipindahkan ke sejumlah LP di Pulau Nusakambangan.

Keenamnya yaitu Freddy Budiman, Zulfikar, Suryanto, Agus Hadi, Pudjo Lestari, dan Merri Utami. Mereka semua merupakan terpidana mati kasus narkoba dan

Yang terkini adalah Merri Utami, terpidana mati narkoba. Pada Sabtu (23/07/2016), Merri tiba di LP Batu, Nusakambangan, dari LP Wanita Tangerang, Banten.

Pemindahan Merri diduga berkaitan dengan pelaksanaan eksekusi mengingat Nusakambangan tidak memiliki LP khusus untuk menampung narapidana perempuan.

Khusus mengenai Freddy Budiman, Mahkamah Agung telah menolak peninjauan kembali kasus Freddy dalam sidang tertutup pada Rabu (20/07).

(nar)