Minim Bantuan Diknas, Warga Morosunggingan Inisiatif Bangun Jembatan Untuk SD

jembatan yang melangkah di atas selokan di depan SD Morosunggingan

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Bantuan rehab pagar Sekolah Dasar Negeri (SDN) Morosunggingan, Kecamatan Peterongan Jombang, Jawa Timur, sebesar Rp 78.005.000,-, yang bersumber dari dana Anggaran Program Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jombang tahun 2017, masih menyisahkan kendala.

Hal ini dikarenakan pagar sepanjang 84 M, tersebut dibagian pintu depannya tidak mempunyai jembatan. Melihat hal ini sejumlah warga setempat, berinisiatif membangun jembatan yang melangkah tepat diatas selokan.

“ itu murni swadaya mas. Ini semua untuk kenyamanan anak-anak kami yang belajar di sekolah, masak setiap masuk ke sekolah harus melangkahi selokan, itu kan berbahaya,” kata Saean (45) warga setempat, Selasa 8 Agustus 2017.

Baca:  Pameran Manusia Purba Sangiran

Masih menurut penjelasan Saean, bahkan pihaknya mengaku kalau menunggu dana bantuan dari dinas, itu terlalu lama.” Ini murni kesadaran masyarakat, bukan pungutan dari sekolah. Warga patungan seikhlasnya mas,” tegasnya.

Sementara itu Pak Gik, selaku kepala sekolah membenarkan terkait adanya, sejumlah masyarakat yang secara swadaya, membangun jembatan tepat diatas selokan, yang terletak didepan pintu sekolah tersebut.” Kita ini hanya mengajukan pagar mas, tidak jembatan. Soal jembatan itu, kita tidak mau sebenarnya, tapi warga yang memaksa mas,” paparnya.

Lanjut Pak Gik, untuk tahun ini kita akan mengajukan lagi ke Dinas, karena pembangunan pagar sekolah ini belumlah tuntas.” Rencananya seluruh pagar sekolahan akan dibangun, mas biar kita kalau melakukan pengawasan siswa mudah, sementara ini ya masih belum rampung kita harus ajukan lagi,” pungkasnya.

Baca:  Banyak Lahirkan Tokoh, Presiden Apresiasi Lembaga Pendidikan Muhammadiyah

Dari pantauan dilapangan, tampak di sisi timur bangunan pagar tersebut belumlah rampung, dan disisi barat sekolahan masih belum ada pagarnya.(elo)