Pengambilan Nomer Antri Daftar Passpor Bisa Lewat Whatsap

KANALINDONESIA.COM: Untuk mengantisipasi antrian yang terlalu panjang mengular, Departemen Imigrasi telah menyediakan pengambilan nomer antrian untuk pendaftaran paspor online. Permohonan secara online dapat memangkas antrian offline dan mempermudah petugas maupun pemohon. Nah, ada lagi yang baru yakni permohonan antri paspor via Whatsapp.

Ide ini digagas oleh oleh Direktorat Keimigrasian, Kemenkumham, “Terhitung mulai hari ini (Senin), pemohon dapat mendaftarkan diri melalui Whatsapp,” ujar Kepala Kantor Herman Lukman dikutip dari antara.

Layanan ini dilaksanakan serentak di 26 kantor imigrasi di seluruh Indonesia. Sebab dalam satu hari pemohon hanya dibatasi 150 orang saja.

“Perkembangan teknologi saat ini hampir semua masyarakat memiliki ponsel yang dilengkapi aplikasi Whatsapp. Dengan layanan ini, ada kepastian waktu & layanan bagi masyarakat, tidak perlu menunggu lama-lama cukup daftar dari rumah dan datang sesuai jadwal yang dikirimkan,” lanjut Herman.

Untuk mendaftar antrian pembuatan paspor, masyarakat hanya perlu mengirim pesan ke no Whatsapp Imigrasi 08 1111 00 333 dengan format #Nama#Tanggal lahir#Tanggal Kedatangan.

Setelah mendaftar, pemohon akan mendapatkan kode booking yang dapat digunakan mengantre 30 menit sebelum jadwal yang ditentukan.(*)

Baca:  Petani Bali Dapat Bantuan KUR dan AUTP