Pemkab Lamongan Teken MoU Dengan RS Unair Surabaya

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Sebanyak 11 unit pelayanan kesehatan (Yankes) di Lamongan mulai tahun ini meneken kerjasama dengan RS Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Kerjasama terkait pelayanan kesehatan pasien rujukan itu ditandatangani saat Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 24 di Pendopo Lokatantra Lamongan, Rabu (9/8).

Dari pihak RS Unair Surabaya dihadiri langsung Direktur Nasronudin. Sementara dari Lamongan, selain dihadiri direktur masing-masing Yankes, juga disaksikan Bupati Fadeli bersama Wabup Kartika Hidayati, Sekkab Yuhronur Efendi dan Forkopimda setempat.

Kerjasama itu meliputi pelayanan kesehatan pasien rujukan dan rujukan balik. Serta trnasfer pengetahuan dan ketrampilan di bidang kesehatan.

Pihak RS Unair Surabaya setelah kesepakatan itu nantinya akan menerima pasien rujukan dari 11 Yankes di Lamongan. Diantaranya dari RSUD dr Soegiri dan Ngimbang, RSI Nasrul Ummah dan RSA Fatimah.

Baca:  Ratusan Reklame Diturunkan Paksa Satpol PP Pamekasan

Kemudian RS Muhamamdiyah Babat dan Lamongan, RS Bedah Mitrsa Sehat, RS Suyudi Paciran, RS Bedah Citra Medika, RS KH Abdurrahman Syamsuri dan RS Intan Medika.

Nasronudin menyebut penandatanganan itu sebagai awal yang bagus untuk hubungan saling kerjasama dan membutuhkan antara RS Unair dan Lamongan.

Sementara Bupati Fadeli menyambut baik ditandatanganinya MoU dengan RS Uanir tersebut. Karena selama ini, pasien dari Lamongan kalau mau merujuk pasien ke RSUD dr Soetomo Surabaya, bisa berbulan-bulan.

“Ini akan sangat berarti untuk Lamongan. Karena nantinya jika rujukan ke Soetomo penuh dan harus antre lama, kini ada alternatif ke RS Uanir. Untuk itu Saya sampaikan terima kasih yang sebesar-sebesarnya, “ ujar Fadeli.

Baca:  Pemkab Lamongan Dapat Bantuan 154 Alsintan Dari Pemerintah Pusat

Selain meneken kerjasam dengan RS Unair, Fadeli menyebutkan Pemkab Lamongan di sisi lain akan terus menambah fasilitas di RSUD dr Soegiri Lamongan. Terutama untuk kelas III yang banyak dimanfaatkan pasien BPJS Kesehatan.

Di saat yang sama juga dilaksankana penandatangan MoU dengan BPJS Kesehatan. Melalui kerjasama itu, kini pengambilan obat bisa dilakukan melalui Puskesmas-puskesmas yang ada di Lamongan.

Sementara di bidang Keluarga Berencan (KB) dan penduiduk, Fadeli menyebut prestasi bidang ini sudah sangat baik. Berbagai penghargaan mulai dari menteri, Kepala BKKBN, Wapres hingga Presiden sudah pernah di raih Lamongan. (Fer)