Canggih, Pemilihan Ketua OSIS SMKN 1 Kalitengah Pakai E-Vote

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Negeri 1 Kalitengah, Lamongan lebih modern. Sistem yang digunakan menggunakan E-vote, sudah sepenuhnya. Artinya, para peserta mencoblos melalui sistem komputer.

Ada empat calon ketua OSIS di SMKN 1 Kalitengah. Semuanya dari kelas XI. Masing-masing, M. Bayu Susanto-Dewi Lestari, M. Yusqi Firdaus-Nadia Kumalasari, Riski Adi Saputra-Wulan Septya, dan Aditya Yoga Pratama-Rini. Sedangkan jumlah pemilih ada 685 Mereka siswa dari kelas X, XI, dan XII.

Pemilihan ketua OSIS disediakan tiga tempat pemilihan suara (TPS) atau 3 bilik. Dari jumlah itu, ada tiga komputer untuk e-vote.

Pembina OSIS SMKN 1 Kalitengah Suarso S.Pd mengatakan, khusus e-vote sudah ada server. Tinggal membuat aplikasi dan memasukkan nomor induk siswa. ”Persiapannya membutuhkan waktu 7 hari,” kata Suarso.

Baca:  Mural Anti Narkoba

Cara menggunakan e-vote, siswa datang ke petugas untuk menunjukkan kartu OSIS. Kemudian mendapatkan nomor induk siswa sesuai yang digunakan untuk membuka aplikasi. Selanjutnya, menuju ke komputer untuk masukkan nomor induk dan password. Di komputer pun muncul calon ketua OSIS. Baru siswa memilih.

”Siswa tinggal klik saja sesuai pilihan. Kemudian klik ”OK” untuk menyimpan pilihan. Selanjutnya keluar ke halaman utama. Setelah itu, siswa celup jari ke tinta, tanda sudah memilih. Dengan E-vote menjadi lebih praktis,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Kalitengah Andri Sudarmanto M.Pd menyambut positif hal ini. Sebab, hal ini bisa untuk pembelajaran tentang pemilihan umum (pemilu) yang memang diwacanakan menggunakan e-vote.

Baca:  Menpan-RB Lepas Rombongan BKPRMI ke Kamboja dan Vietnam

“Saya menyambut baik dengan pilihan Pembina OSIS. Mereka melakukan hal yang bagus dan praktis dalam pemilu OSIS. Ini hal baru jadi harus dikembangkan disekolah,” kata Andri. (Fer)