Percepat Penyerapan, Bulog Surabaya Selatan Genjot Penyaluran Rastra di Beberapa Daerah

Kepala sub drive Bulog Surabaya selatan saat mendampingi Komisi B DPRD Jombang yang tengah melakukan sidak

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Untuk menghindari lamanya penyimpanan stok beras, di gudang, Bulog Surabaya Selatan memacu penyaluran beras prasejahtera atau Rastra agar dapat menggenjot penyerapan beras.

Kepala Sub Divre Bulog Surabaya Selatan Arsyad menjelaskan bahwa alokasi penyaluran Rastra Agustus 2017 di Jombang dan Kabupaten Mojokerto rampung pada 8 Agustus 2017. Alokasi untuk dua daerah itu mencapai 2.350 ton/bulan. Dengan percepatan penyaluran, pihaknya dapat menggenjot penyerapan beras, selain menghindari lamanya penyimpanan dalam gudang.

“Itu juga sesuai dengan permintaan dari Komisi B DPRD Jombang yang meminta kami mempersingkat waktu penyimpanan beras agar kualitas beras yang disalurkan ke masyarakat tetap baik secara fisik,” kata Arsyad saat dikonfirmasi melalui sambungan telephon seluler, Minggu 13 Agustus 2017.

Baca:  Belum Diliburkan, 50 Orang Santri Di Pamekasan Cemas Berada Di Daerah Zona Merah

Masih menurut Arsyad, realisasi pengadaan sampai saat ini mencapai 34.000 ton. Dengan adanya fleksibilitas harga dengan kenaikan 10% dari HPP mengacu Inpres No.5 tahun 2015, maka ada ruang yang lebih longgar untuk menyerap beras petani.

Lanjut Arsyad, kini Bulog akan menggerakkan mitra kerja pengadaan dan satuan kerja Bulog, Gapoktan, Poktan, TNI, Dinas Pertanian, penggilingan, dan KUD. Sejauh ini, sudah kesepahaman antara Bulog dan stakeholder, seperti terkait mutu dari rastra.

Imbuh Arsyad, penyimpanan Rastra di gudang Bulog Sub Divre Surabaya Selatan telah disidak dan dilakukan uji tanak Komisi B DPRD Jombang untuk memastikan kelayakan konsumsi. Selain bersama Komisi B, Kodim 0814 dan Dinas Sosial Kabupaten Jombang, juga turut menghadiri acara tersebut, Kamis (10/8) kemarin.

Baca:  MA.Matholi'ul Anwar Simo Sungelebak Memiliki 3 Siswa Asal Thailand

Dari data yang dihimpun kanalindonesia.com, stok beras di Bulog Surabaya Selatan aat ini mencapai 28.000 ton sehingga cukup untuk kegiatan operasional badan tersebut selama setahun.(elo)