Guru Jadi Petugas Warnai Peringatan Hari Pramuka

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Hari ini selasa (14/8/2017) Gerakan Pramuka merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke-56. Seluruh lembaga pendidikan merayakannya dengan berbagai kegiatan, mulai dari perkemahan, giat Pramuka hingga puncaknya yaitu apel besar. Momentum ini digunakan dengan baik sebagai sarana untuk mengukur rasa kecintaan kita kepada lembaga pembinaan generasi muda yang berlambang tunas kelapa tersebut.

Demikian pula Lembaga pendidikan yang bernaung dibawa Yayasan Ki Slamet Sugihwaras Kalitengah Lamongan hari juga melaksanakan Apel Pramuka. Mulai lembaga MI, MTs dan SMK berbaur menjadi satu antara siswa dan gurunya dalam Apel Pramuka tersebut. Sangat istimewa peringatan HUT Pramuka tahun ini kata Isa Ansori (41), ketua Yayasan yang hari ini didaulat menjadi Pembina dalam Apel tersebut.

Baca:  Dikira Mangga Jatuh, Kholidi Temukan 9 Lempengan Logam Bergambar Soekarno

“Petugas Apel tahun ini diambilkan dari guru-guru di Yayasan ini, kalau di tempat lain petugas dari Anggota Pramuka (siswa). Ini sebagai perwujudan semboyan ING NGARSA SUNG TULADHA”, kata Ansori seusai apel.

Nampak mulai awal petugasnya tidak begitu lazim, karena ada beberapa guru yang kelihatan tambun dan berat ketika berjalan. Namun semangatnya tetap menonjol sehingga menjadi petugas dilakukan dengan baik walau sedikit ada beberapa kekeliruan yang tidak fatal.

Imam Sholikin (45) yang mendapat bagian menjadi petugas Pembaca Pancasila sedikit dag dig dug karena sdh sejak lama tidak menjadi petugas upacara.

“Saya terakhir menjadi petugas upacara sekitar 24 tahun yang lalu ketika masih dibangku sekolah”, tuturnya seraya tertawa mengingat ketegannya tadi.

Baca:  Usia Belum Setahun, Gedung CSSD RSUD Ploso Sudah Retak Parah

“Sangat tegang bagaimana tidak, biasanya satu minggu sekali menyaksikan siswa menjadi petugas upacara bendera, lha sekarang saya yang jadi perhatian”, tambahnya.

Dia mengharapkan acara seperti ini jangan sampai berhenti setiap tahun harus tetap diadakan karena ini penting.

Pada Apel Pramuka tahun ini, siswa dari seluruh lembaga yang mengikuti Apel berjumlah 380 siswa mulai dari siswa MI kelas 4 sampai 6 hingga SMK kelas XII, sementara siswa PAUD, TK dan MI kelas 1-3 tidak diikutkan.

Sebagai rasa syukur peserta apel selanjutnya menikmati tumpeng nasi kuning yang sebelumnya disiapkan oleh masing-masing lembaga. (Omdik)