Pasukan Laras Liris SMPN 1 Lamongan Unjuk Kemampuan

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Pasukan Laras Liris dan Andansari yang tergabung dalam Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Lamongan rupanya menuai banyak prestasi. Pasukan itu, mencoba unjuk kebolehan baris berbaris seusai Apel Besar Hari Pramuka Ke-56 di Alun-alun Kota Lamongan, Senin (14/8/2017).

Pasukan Gugus Depan SMP Negeri 1 Lamongan tersebut sudah menorehkan beragam prestasi. Diantaranya sukses menjadi juara umum menjuarai 3 kali berturut-turut galang tangkas, juara umum masgue, dan juara favorit gelanggang galang tahun 2013 serta membawa nama harum Kwarcab Lamongan ke tingkat daerah dengan menjadi juara 3 lomba giat.

Selain Pasukan Laras Liris dan Andansari, regu Paskibra SMAN 1 Lamongan juga unjuk kebolehan mereka dalam atraksi baris berbaris.

Baca:  Operasi Patuh Semeru, Polisi Himbau Pengendara Dibawah Umur

Mereka ini juga telah menjuarai berbagai perlombaan. Beberapa di antaranya yakni Juara 3 utama di Cimahi Jawa Barat Tahun 2016, dan  Juara 1 Utama di Bekasi Utara Tahun 2015.

Sementara dalam Apel Besar Hari Pramuka ke-56 Tahun 2017 tersebut, Bupati Fadeli selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Lamongan bertindak sebagai pembina Apel.

Dalam Apel tersebut Bupati Fadeli membacakan Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault. Dia menyampaikan salah satu program baru Kwarnas, yakni setiap pramuka adalah kantor berita.

Itu menurut dia sebagai tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo agar pramuka bisa memanfaatkan media sosial dengan baik. Agar pramuka tidak hanya menjadi konsumen informasi, namun juga produsen informasi.

Baca:  Proyek Pengendalian Banjir BBWS, Tersendat Izin dari PT KAI

Dia juga menyitir pesan Soekarno yang  menyebut pramuka sebagai wadah untuk membina dan memantapkan karakter pemuda Indonesia.

“Presiden Soekarno pada tanggal 14 agustus 1961 berpesan bahwa gerakan pramuka berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda Indonesia. Berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita. Sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik mahasiswa yang di kota maupun yang menggembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan Aku Pramuka Indonesia, “ kata dia. (Fer)