Bangunan Drainase dan TPT Desa Kedungjati, Diduga Tidak Sesuai Spektek

proyek bangunan TPT yang ada di Desa Kedungjati Kabuh.

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Diberitakan sebelumnya, bangunan saluran drainase yang ada di jalan Dusun Tempuran, Desa Kedungjati, Kecamatan Kabuh, Jombang Jawa Timur diduga salahi spesifikasi teknis (Spektek).

Ternyata bukan hanya bangunan itu saja, namun pembangunan tembok penahan tanah (TPT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2016, sebesar 18 juta di Dusun Bogo, Desa Kedungjati, Kecamatan Kabuh, Jombang, ternyata juga diduga menyalahi spektek.

Hal ini dikarenakan bangunan tersebut, dibangun dengan memakai pasangan batu padas, padahal secara ketentuan teknis seharusnya, pasangan tersebut menggunkan pasangan batu kali. “ seharusnya pasangannya menggunakan batu kali bukan batu padas mas, “ kata Hafid selaku tim pengawas teknis DD, Senin 21 Agustus 2017.

prasasti proyek TPT Desa Kedungjati

Masih menurut Hafid, sebelumnya sejumlah Desa yang ada di Kabuh, sudah diarahkan untuk mengikuti ketentuan teknis, dari pemerintah daerah untuk pembangunan proyek Desa yang bersumber dari DD.

“ sedari awal secara perencanaan mereka semua, di arahkan menggunakan acuan teknis dari tim, namun kenyataan dilapangan seluruh Desa menggunakan batu padas,” ujarnya.

Lanjut Hafid, untuk mengatasi problem ini, saya meminta kepada seluruh Desa segera membongkar bangunan yang sudah jadi.” Ini kan salah spesifikasi teknisnya, jadi solusinya harus dibongkar mas, karena kalau tidak pasangannya bisa mudah ambrol jika terkena air,” tukasnya.

Sementara itu, Pihak Kepolisian Polres Jombang, akan segera turun ke lapangan untuk melakukan penyelidikan, mengingat kesalahan spektek ini, bukan hanya terjadi di satu Desa, melainkan diseluruh Desa yang ada di kecamatan Kabuh.” Kita akan segera lidik kelapangan mas, mengenai masalah ini,” tegas AKP Wahyu Norman Hidayat selaku Kasat Reskrim Polres Jombang.(elo)