Miseri Effendi: Karet Bisa Menjadi Tanaman Andalan di Ponorogo

MiseriEffendy( bajubatik) bersama dirut PT Semen Gresik saat penyerahan bantuan bibit tanaman karet di Desa Bekiring, Pulung

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: DPRD Ponorogo tertarik untuk mengembangkan tanaman karet menggantikan tanaman cengkeh dan jeruk yang punah di Kabupaten Ponorogo.

Hal tersebut disampaikan wakil DPRD Ponorogo Miseri Effendi saat mengikuti kegiatan penyerahan 40 ribu batang bibit pohon karet untuk Desa Bekiring, Munggung dan Desa Sugihan yang pelaksanaanya dilakukan di Desa Bekiring, Pulung, Ponorogo.

Dikatakanya, dua tanaman tersebut sebelumnya merupakan tanaman andalan dan primadona di daerah dataran tinggi di Kabupaten Ponorogo.

Tanaman keras bernilai ekonomis tinggi diperlukan untuk ditanam di daerah tinggi seperti Kecamatan Ngebel, Pulung, Pudak, Ngrayun, Sawoo dan Soko saat ini menggantikan tanaman cengkeh dan jeruk.

Kegiatan pemberian bantuan 40.000 batang bibit pohon karet ke kecamatan Pulung menginspirasi DPRD Ponorogo untuk mengembangkan tanaman karet di Kecamatan lain.

Pasalnya 40 % wilayah Ponorogo merupakan daerah dataran tinggi yang saat ini tanaman perkebunannya dalam kondisi menghawatirkan, Sehingga pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup harus menemukan terobosan tanaman keras yang bernilai ekonomis tinggi, apa yang cocok untuk dikembangkan.

Pengembangan pohon karet selain untuk upaya prefentif bencana alam, juga untuk menggantikan tanaman keras yang saat ini punah.

“Kami berharap agar warga penerima bantuan bisa menjaga tanaman yang telah diberikan dan tidak diliarkan. Karena langkah ini, merupakan langkah kongkrit untuk mengganti tanam jeruk dan cengkeh yang sudah mati karena terserang virus,”ucapnya.

Dikatakanya, kedepan dewan akan mencoba berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup agar program tanaman karet dikembangkan.

Direktur Utama PT. Semen Gresik Gatot Kustiadji merespon positif keinginan pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk mengembangkan tanaman karet diluar tiga desa yang telah diberi bantuan.

Karena PT Semen Gresik sangat peduli dengan lingkungan. Bersama masyarakat dan Pemda, pihak Semen Gresik akan melakukan langkah percepatan recovery seperti di Desa Banaran.(ar)