Lamongan Mulai Produksi Benih Unggul

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Lamongan rupanya sudah memiliki klaster pertanian khusus seluas 4 hektare yang telah memproduksi benih kedelai unggul.

Benih Varietas Grobogan ini dipanen Bupati Fadeli bersama Kepala Group Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Jawa Timur Herawanto di Desa Kedungbanjar, Kecamatan Sugio.

Benih unggul tersebut selanjutnya akan digunakan untuk mengembangkan klaster pertanian kedelai seluas 75 hektare di empat kecamatan. Panen benih kedelai ini adalah kelanjutan dari kerjasama Bank Indonesia dan Pemkab Lamongan yang sudah dimulai sejak 2015.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia yang selama ini telah menjalin kerjasama mengembangkan kedelai di Lamongan sejak 2015, “ ucap Bupati Fadeli.

Fadeli juga menyebut kerjasama itu sebagai upaya Pemkab Lamongan untuk mendorong Lamongan sebagai lumbung pangannya nasional.

“Tahun lalu Bank Indonesia telah membangun Rumah Kedelai di Kecamatan Tikung. Kini kita memanen benih kedelai unggul dengan varietas grobogan. Di kesempatan selanjutnya, seharusnya Lamongan sudah bisa memanen benih unggul dengan varietas asli Lamongan, “ ujar dia.

Ditambahkan olehnya, perkembangan komoditas kedelai di Lamongan cukup menggembirakan. Pada 2015 hasil produksinya sebesar 28 ribu ton yang kemudian naik menjadi 42 ribu ton di 2016.

Sementara untuk musim tanam tahun ini, dari target luas tanam 15.090 hektare, sampai dengan Juli sudah terealisasi 11.279 hektare.

Kemudian untuk luas panen yang ditargetkan 15.088 hektare, sampai dengan Juli ini yang sudah dipanen 8.802 hektare. Produksinya sendiri sampai dengan Juli sudah tercapai 17.668 ton dengan produktivitas 2,007 ton perhektare.

Sedangkan Herawanto menyebut kerjasama aktif dengan Pemkab Lamongan itu karena kedelai merupakan salah satu komoditas utama penyumbang angka inflasi.

“Kami bekerjasama dengan Pemkab Lamongan dari hasil identifikasi bahwa Lamongan selama ini adalah penyangga kedelai Jawa Timur dan nasional, “ katanya menyebutkan. (Fer)