4 Kabupaten Pamer karya di Banyubang Fashion Carnival

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Banyubang Fashion Carnival BFC adalah sebuah even karnaval busana yang direncanakan tiap tahun digelar di Desa Banyubang Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan pada Sabtu (26/8/2017). Sebanyak ratusan peserta yang berasal dari Kota Malang, Tuban, Gresik, Bojonegoro dan Lamongan mengikuti kegiatan tersebut.

Di jalan utama Desa Banyubang yang juga jalan raya menuju Makam Sunan Drajat dan WBL tersebut disaksikan oleh ribuan penonton di kanan dan kiri jalan.

Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Banyubang Kecamatan Solokuro ini dilaksanakan untuk memperingati HUT RI yang ke-72. Berbagai macam model busana membalut tubuh peserta yang ditampilkan dengan mengunggulkan nilai karya seni yang tinggi.

Para peserta tersebut tampil dengan cara berkelompok seperti ketentuan panitia, masing-masing kelompok minimal terdiri dari 4 orang.

Perpaduan budaya natural dan modern banyak dimunculkan para peserta. Kain batik dengan berbagai motif serta pemilihan warna yang ceriah sepertinya menjadi pilihannya. Peserta semakin terlihat anggun tatkala di depan para penonton mereka mengumbar senyum. Taufik salah satu peserta yang saat itu memakai busana dengan dominasi warna putih kelihatan sangat gagah. Setiap peserta menampilkan ciri khasnya masing-masing.

H. Sholahuddin yang juga Kepala Desa Banyubang mengatakan bahwa kegiatan yang pertama kali ini sangat meriah. Peserta dari luar kota menambah nilai dari Banyubang Fashion Carnival (BFC) ini sebagai kegiatan yang perlu diperhitungkan dan dijadikan agenda rutin tahunan.

“saya berharap tahun-tahun berikutnya kegiatan ini semakin semarak”, tambahnya.

“Kami (Desa Banyubang) sudah banyak dikenal orang lewat produksi Jagungnya, tapi kali ini kami ingin yang lain yaitu tampil sebagai Desa yang mampu menghargai seni dan budaya”, jelas Kepala Desa yang sering pergi ke Luar Negeri karena produksi Jagung di desanya ini.

Kegiatan yang memperebutkan hadiah total 10 juta rupiah dengan Juarah I mendapatkan uang tunai Rp 3.500.000 yang kali ini didapatkan oleh peserta dari Kota Gresik. Sementara peserta dari Lamongan dan Malang hanya puas di Juara II dan III. Group Drum band menambah meriahnya Banyubang Fashion Carnival BFC tahun ini.

Lewat Banyubang Fashion Carnival (BFC) ini, kita diajarkan untuk bersatu dan saling menghormati satu sama lain. Belajar untuk hidup berdampingan, bukan saling menjatuhkan. (Omdik)