Siswa SMKN 1 Kalitengah Diajarakan Kreativitas Dalam Melukis Batik

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Kepedulian Sekolah terhadap siswa membuat pihak sekolah harus melakukan kewajiban menjadikan siswa menjadi seorang kreatif. Salah satunya, mengajarkan siswa untuk selalu berperan aktif dengan seni melukis Batik. Seperti yang dilakukan siswa SMK Negeri 1 Kalitengah, Siswa di ajarkan untuk menjadi jiwa yang kreatif dan berinovatif.

Melalui beberapa media dilapangan, siswa diwajibkan untuk bisa mengkratifitaskan emosi jiwanya di sebuah lembaran kertas ataupun kain. Disini siswa, diharuskan menggambarkan apa yang terdapat dalam imajinasinya.

Kebanyakkan siswa menggambar tentang lingkungan dengan cat minyak dan cat air. Seperti halnya menggambar burung berserta tanaman yang berada di sekitar sekolah sebagai mediasinya.

Terlihat siswa SMKN 1 Kalitengah cukup kreatif di tiap tiap lukisannya. Siswa antusias dalam mejalani upaya pencerdasan inovatif dalam pengembangan imajinasi.

Siswa SMKN 1 Kalitengah telah banyak ikut berpartisipasi dalam mengembangkan seni rupa. Dan memenangkan juara dalam lomba lukis tersebut. Banyak evant yang telah mereka ikutin sehingga menjadikan motivasi untuk maju dalam berbagai kegiatan lomba lukis.

Menurut Kepala Sekolah Andri Kusdarmnto M.Pd keberanian siswa dalam melukis menjadi motivasi untuk mengasah kemampuan bakatnya, sehingga nantinya siswa bisa lebih berkreatifitas dalam menggambar.

“Siswa kami ajarakan untuk berkreativitas, terutama melukis batik. Mereka melukis mengikuti media yang ada dilingkungan sekolah,” katanya.

Kreativitas siswa terjalin tidak lepas dari peran guru yang selalu mendampingi dan membimbing siswa saat melukis. Terkadang siswa mendapat arah dari guru untuk menggambar media disekitar para siswa. Harapan guru kepada seluruh siswa siswi untuk dapat memacu lagi dalam belajar menggambar.

“Guru guru juga ikut berperan membantu siswa untuk berkreativitas. Mengajarkan biar suatu hari nanti siswa bisa melukis Batik khas Lamongan,” tambahnya. (Fer)