Baru Empat Terpidana Yang Dieksekusi Mati

ilustrasi eksekusi mati
ilustrasi eksekusi mati

KANALINDONESIA.COM : Hujan deraas mengiringi eksekusi mati bagi narapidana kasus Narkoba di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat(29/07/2016).

Dari empat belas terpidana mati, dalam pelaksanaan eksekusi tersebut baru empat yang telah menjalani hukuman mati.

Dari informasi, empat terpidana yang dieksekusi adalah Freddy Budiman, Michael Titus, Humprey Ejike dan Cajetan Uchena Onyeworo Seck. Eksekusi dilakukan di lapangan tembak Limus Buntu, Pulau Nusakambangan sekitar pukul 00.45 WIB..

“Sementara hanya 4 terpidana mati, yang dieksekusi yang lainnya akan datang secara bertahap,” kata Jaksa Agung Muda Pidana Umum Noor Rachmad di Dermaga Wijayapura Cilacap, Jawa Tengah, Jumat dini hari seusai eksekusi. ‪

Menurut Noor, WNI yang sudah dieksekusi Freddy Budiman. Terpidana mati tersebut dinyatakan bersalah karena mengedarkan narkoba, bukan hanya di Jakarta tapi sampai Surabaya, Bali bahkan hingga Papua.

“Di dalam penjara yang bersangkutan masih mengendalikan narkoba, terkait dengan perbuatannya dia telah divonis hukuman mati di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, hingga tingkat kasasi menguatkan keputusan PN,” katanya.

Freddy sudah mengajukan PK dua kali dan belum pernah mengajukan grasi karena sudah kadaluwarsa. Freddy akan dibawa dan dimakamkan ke Surabanya.

(wad)