Awas…Ada Beberapa Daerah di Jombang yang Berstatus Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan

sisa kawasan hutan yang terbakar

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Ada sejumlah daerah kawasan hutan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang masuk dalam zona rawan Kebakaran hutan dan lahan (karhutla), hal ini dikarenakan kondisi cuaca panas saat memasuki musim kemarau, banyak ranting dan dahan kering sehingga sangat mudah terbakar.

Dari data yang dihimpun kanalindonesia.com, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, lokasi titik rawan tersebut, jumlahnya ada 4 kawasan rawan kebakaran hutan yakni, Kawasan hutan di Kecamatan Kabuh, Kecamatan Ngusikan, Kecamatan Wonosalam tepatnya kawasan hutan diperbatasan dengan Kabupaten Malang dan Mojokerto, serta di Kecamatan Mojoagung.

“Untuk saat ini yang menjadi penyebab kebakaran yakni faktor manusia yang dengan sengaja  membakar lahan atau hutan, sedangkan faktor alam hingga saat masih belum ada laporan,” kata Gunado selaku, Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Jombang, Senin 28 Agustus 2017.

Gunadi berharap agar ada peran aktif dari masyarakat disekitar wilayah yang rawan Karhutla tersebut, dapat segera melaporkan kepada BPBD Kabupaten Jombang, atau Pemadam Kebakaran serta dinas terkait agar kejadian kebakaran hutan dapat segera ditangani.

“Jika kami mendapat laporan tersebut akan kami langsung koordinasikan dengan dinas terkait untuk upaya penangulangannya, misalnya salah satu contoh laporan di Desa Pengampon Kecamatan Kabuh, kita bersama Pemadam kebakaran langsung menuju lokasi untuk memadamkan api,” Imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, mencatat sebanyak empat kali kejadian Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kabupaten Jombang Jawa Timur, selama bulan Juli hingga Agustus 2017. Empat kejadian kebakaran hutan yang masuk dalam laporan kita, yakni di Kawasan Hutan Yang berada Kecamatan Ngusikan, dilereng gunung Anjasmoro yang merupakan perbatasan Jombang – Malang, di desa Penampon Kabuh serta di Desa Kedung lumpang Mojoagung.(elo)