Hingga Dimakamkan, Keluarga Indah Sumarsini Belum Tahu Penyebab Kematian Korban

 Supadmi menangis histeris melihat jenasah adiknya Indah Sumarsini tiba dirumahnya
Supadmi menangis histeris melihat jenasah adiknya Indah Sumarsini tiba dirumahnya
KANALINDONESIA.COM : Hingga kepulangan jenazah Indah Sumarsini Tenaga Kerja Wanita (TKW) Malaysia asal Ngawi dan dimakamkan di TPU dikampung halamanya Ngawi, Jawa Timur, Jum’at (29/07/2016) malam, ternyata pihak keluarga belum mengetahui penyebab dari kematianya.

Keterangan itu didapatkan dari salah satu kakak korban yang berada dirumah duka Dusun Gentong Lor, Desa Gentong, Kecamatan Paron, Ngawi.

Menurut Nyamisah kakak nomor dua dari korban mengatakan, sampai jenasah adiknya dimakamkan dirinya tidak mengetahui secara persis penyebab kematianya. Padahal seminggu sebelum lebaran kemarin Indah Sumarsini masih melakukan kontak komunikasi via telepon dengan keluarganya.

“Nggak tahu penyebabnya dia meninggal. Soalnya seminggu sebelum lebaran telpon sama kakak saya disini dan terus habis lebaran tidak ada kabarnya lagi tahu-tahu sudah meninggal,” singkat Nyamisah, Jum’at (29/07/2016) malam.

Sementara itu, Sunarto Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Ngawi menjelaskan, penyebab kematian Indah Sumarsini akibat gagal organ tubuh atau komplikasi organ. Keterangan tersebut mendasar hasil visum dokter terhadap jenasah korban seperti yang terlampir pada surat keterangan kematian yang dikeluarkan dari pihak berwenang.

“Untuk sementara disebabkan karena sakit seperti keterangan dari rumah sakit di Malaysia intinya kegagalan fungsi organ,” ucap Sunarto.

Lebih lanjut dikatakanya, Dinsosnakertrans Ngawi bakal terus memantau sekaligus melakukan koordinasi dan memfasilitasi hak-hak korban selaku TKW di Malaysia yang selama ini belum didapatkan. Tentunya langkah yang bakal diambil akan berkomunikasi secepatnya dengan pihak terkait mulai Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) sampai Kedutaan Besar yang ada di Malaysia.

Mengenai status Indah Sumarsini sendiri menjadi TKW beber Sunarto masih ditelusuri terus. Pada dasarnya keberangkatan korban pada tahun pertama atau 8 tahun lalu menjadi TKW adalah legal dan prosedural melalui agen di Jakarta. Namun paruh waktu kedua atau empat tahun kemudian yang bersangkutan melarikan diri dari majikan lamanya.

Seperti diketahui Indah Sumarsini putri bungsu dari empat bersaudara pasangan Kasdu (alm) – Yatini (alm) sebelum dinyatakan meninggal telah bekerja dirumah majikan keturunan India yang beralamatkan dirumah nomor 37, Jalan Seri Pagi 06, Saujana Utama, Selangor 47000 S9 Buloh Selangor, Malaysia.

(dik)