Tukang Jagal Hewan Kurban Musiman Saat Hari Raya Idul Adha

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Sejumlah jagal sapi musiman, ‘kebanjiran’ order atau mendapat banyak pesanan dari panitia kurban saat momentum Hari Raya Idul Adha. Seorang jagal sapi Sumberwudi Karanggeneng Lamongan mengatakan, pada hari biasa dia hanya mengandalkan orang hajatan atau pesanan dari para peternak sapi.

Namun saat momentum Idul Adha, dalam sehari ia bisa mendapatkan order satu sampai dua tempat panitia kurban.

“Setiap tempat berbeda-beda. Ada yang satu 4 sapi, namun ada juga yang lebih bahkan hingga 8 ekor sapi,” ujar Sulistiono (58), Jum’at (1/9/2017).

Menurut dia, pesanan tersebut berasal dari bermacam-macam panitia, ada yang takmir masjid, musala, maupun panitia dari lembaga pendidikan yang memanfaatkan jasanya. Para panitia tersebut biasanya memakai jasa jagal secara borongan.

Dia hanya memotong, menguliti sampai membagi daging dalam potongon-potongan kecil saja, sementara untuk penyembelihannya dilakukan oleh Kyai atau Ustadz setempat yang dipercaya masyarakat setempat.

Untuk tarif, saat hari biasa dia memasang tarif Rp. 350.000 per ekor sapi. Namun khusus momentum Idhul adha seperti ini ia tidak memberlakukan tarif tersebut karena untuk kepentingan agama dan sosial.

“Soal tarif saat Idhul Adha seperti ini saya serahkan kepada Ta’mir masjid atau panitianya saja”, tambah Sulistiono.

Seperti pagi ini dia dapat undangan untuk menjadi jagal musiman di Masjid Dusun Boyo Desa Sonoadi Kecamatan Karanggeneng Lamongan yang berjarak 5 Km dari rumahnya yang hari ini memotong 5 sapi dan 6 kambing.

Pria kelahiran Bangkalan Madura ini sejak masak lajangnya sudah bekerja sebagai tukang jagal. Keahliahan ini diwarisi dari orang tuannya serta banyak keluarga yang juga memiliki keahlian sebagai tukang jagal hewan. (Omdik)