Bupati Fadeli Kurban 11 Sapi dan 20 Ekor Kambing

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Bupati Lamongan Fadeli dalam Idul Adha 1438 H kali meneruskan tradisinya untuk menyumbangkan hewan kurban di sejumlah tempat. Tahun ini Fadeli berkurban 11 sapi dan 20 ekor kambing.

Salah satu hewan kurban yang disumbangkan itu diserahkannya kepada panitia Idul Adha di Masjid Al Azhar Lamongan. Sapi dengan bobot 800an kilogram itu diserahkannya seusai melaksanakan Sholat Id bersama keluarga Sekkab Yuhronur Efdndi dan sejumlah jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) di Masjid Al Azhar, Jum’at (1/9).

Disampaikan oleh Kabag Humas dan Protokol Agus Hendrawan, selain di Masjid Al Azhar, hewan kurban milik Bupati Fadeli disebar di sejumlah tempat.

Diantaranya di Masjid Agung Lamongan, Masjid Sunan Giri, kepada Panitia Sholat Idul Adha di Stadion Surajaya, Pondok Lansia Banjarmendalan, serta di sejumlah lokasi di Kecamatan Paciran, Ngimbang dan Glagah.

Sementara saat di Masjid Al Azhar, bertindak sebagai imam sekaligus khotib adalah Nadjih Ihsan dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Beliau banyak mengulas bagaiman Islam, sesungguhnya menjadi penyumbang terbesar bagi Bhinneka Ika Tunggal Ika di Indonesia.

Karena Islam melarang umatnya untuk mengunggulkan maupun merendahkan orang lain berdasarkan nasab keturunan dan asal-usulnya. Semua manusia, lanjut dia, pada mulanya adalah satu, berasal dari Adam dan Hawa.

Mereka yang terlahir dari etnis tertentu, tidak bisa memilih dia akan dilahirkan sebagai etnis apa. Lain lagi dengan agama dan ibadah yang merupakan pilihan, meski disitu kata dia ada unsur hidayah dari Allah SWT.

Apalagi untuk Saudara se-iman, diingatkan agar tidak menjelekkan kelompok lain. Karena bisa jadi yang dijelekkan itu lebih baik dari yang menjelekkan.

“Islam itu justru sebagai penyumbang terbesar bagi terjaganya Bhinneka Tunggal Ika. Lain urusannya kalau itu berkenaan dengan ubudiyah, “ kata dia. (Fer)