Gaji Tenaga Kontrak Di Jombang Naik

ilustrasi gaji tenaga kontrak
ilustrasi gaji tenaga kontrak

KANALINDONESIA.COM :Tenaga kontrak dilingkungan Pemerintah Kabupaten Jombang bisa bernafas lega. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Jombang segera akan menaikkan gaji para tenaga kontrak. Hal itu tertuang pada Keputusan Bupati Jombang nomor 100 tahun 2016 tentang Honorarium Bagi Tenaga Kontrak, Minggu (31/07/2016).

Kepala Bagian Hukum Pemkab Jombang Agus Purnomo mengatakan sudah dikeluarkan dasar hukum terkait honorarium karyawan non PNS (tenaga kontrak) tertuang pada Keputusan Bupati nomor 100 tahun 2016. Dengan adanya surat keputusan tersebut, maka keputusan sebelumnya tentang honor tenaga non PNS yang dikeluarkan pada 2008 lalu, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Ia menjelaskan surat keputusan tersebut sudah ditetapkan sejak 6 April 2016 dan berlaku mulai 1 Juli 2016. Besaran gaji yang diberikan pun beragam. Sebagaimana dijelaskan dalam diktum kedua keputusan, untuk tenaga kontrak (non PNS) dengan kualifikasi pendidikan SD hingga SMP akan menerima gaji sebesar Rp 800 ribu.

“Tenaga kontrak dengan kualifikasi SMA sampai Diploma III menerima Rp 1 juta, Sarjana Strata 1 hingga Diploma IV terima Rp 1, 2 juta dan lulusan S2 akan menerima Rp 1, 5 juta. Gaji tersebut diberikan kepada karyawan berdasar pada surat keputusan yang dikeluarkan Bupati Jombang, ” Bebernya.

Sementara itu, terkait karyawan non PNS yang bekerja berdasar pada surat keputusan kepala dinas, unit pelayanan teknis, atau satuan kerja bidang pendidikan. Pada diktum keempat Keputusan Bupati Jombang nomor 100 tahun 2016 tentang Honorarium Bagi Tenaga Kontrak dijelaskan gaji tersebut besarannya disesuaikan kemampuan satuan kerja masing – masing.

Untuk tenaga kontrak tersebut berpedoman pada klasifikasi gaji yang kerja berdasar surat keputusan bupati, sedangkan untuk karyawan yang bekerja berdasar SK Kepala SKPD menyesuaikan. Namun, kondisi anggaran setiap satuan kerja tidak sama. Jadi karyawan menerima kenaikan gaji di satuan kerja masing – masing,” pungkasnya.

(an)