Seorang Petani Ditemukan Tewas Terpanggang Di Lahan Tebu yang Terbakar

jenasah Sukarno saat hendak dievakuasi oleh aparat kepolisian dari Polsek Ngoro

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Seorang petani di Ngoro Jombang, Jawa Timur ditemukan tewas terpanggang di lahan tebu yang terbakar. Tubuh Sukarno (65) ditemukan terlentang dan dipenuhi luka bakar serius, di tengah area tebu di Dusun Jombatan, Desa Kertorejo, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang.

Polisi yang tiba di lokasi, menemukan sebatang kayu bambu dengan panjang 1 meter yang dipakai korban untuk alat mematikan api, yang letaknya tidak jauh dari jasad korban. Untuk memastikan penyebab kematian korban, polisi langsung melekukan oleh tempat kejadian perkara (TKP) serta mendatangkan unit identifikasi Polres jombang, dan Dokter Puskesmas Ngoro.

“Waktu korban ditemukan, kebakaran lahan tebu sudah padam. Tidak ada tanda-tanda kekerasan. Korban meninggal diduga karena tidak kuat menghirup asap kebakaran, lalu pingsan dan terbakar,” kata Iptu Subadar selaku Kasubag Humas Polres Jombang, Selasa 5 September 2017.

Masih menurut penjelasan Subadar, kejadian tersebut berawal saat korban membakar daduk (red : daun tebu yang kering), sisa tebang tebu di lahan milik korban, karena angin kencang sehingga api menjalar ke tananam tebu milik orang lain yakni tanaman tebu milik Budi, selanjutnya korban beusaha memadamkan api dan minta tolong.

“ Korban diketahui oleh saksi-saksi, sudah dalam keadaan meninggal dunia dalam keadaan terlentang dengan kondisi terbakar,” ujar Subadar.

Lanjut Subadar, setelah warga serta saksi-saksi mengetahui kejadian tersebut, warga melapor ke perangkat Desa dan dilanjutkan dengan lapor ke pihak Polsek Ngoro.

“ dari hasil identifikasi melakukan olah TKP dan pemeriksaan awal medis, pada jasad korban meninggal dunia karena kebakaran, dan pada tubuh jenasah korban tidak diketemukan bekas adanya tanda-tanda penganiayaan,” pungkasnya.(elo)