Jelang KTT WIEF ke-12, Tim Kesdam Jaya Latihan Evakuasi Korban Saat Terjadi Aksi Teror

Tim Kesdam Jaya Latihan Evakuasi Korban Saat Terjadi Aksi Teror
Tim Kesdam Jaya Latihan Evakuasi Korban Saat Terjadi Aksi Teror

KANALINDONESIA.COM Seorang teroris akhirnya meledakkan bom yang sudah disiapkan di tubuhnya. Ini dilakukannya saat terkepung dan tidak bisa melarikan diri dari kejaran pasukan TNI di salah satu titik di ruas jalan MT. Haryono, Jakarta Selatan.

Kondisi jalan yang tengah ramai dengan kendaraan maupun pejalan kaki, menyebabkan beberapa orang yang ada disekitar kejadian terkena imbas korban bom bunuh diri tersebut, Sabtu (30/7/16).

Para korban yang terkena serpihan bom dan hanya mengalami luka dengan sigap dievakuasi oleh tim kesehatan TNI Kodam Jaya disiapkan untuk mengantisipasi situasi terburuk seperti kejadian tersebut. Beberapa korban diberikan pertolongan pertama di lokasi kejadian kemudian ditandu untuk dievakuasi ke Rumah Sakit AL Mintoharjo melalui darat ke RSPAD Gatot Subroto melalui jalur udara untuk mendapat perawatan selanjutnya.

Demikianlah salah satu simulasi pertolongan pertama bagi korban aksi teroris yang diperankan dari Timkes Kesdam Jaya ketika mengikuti gladi pengamanan KTT WIEF ke-12, yang akan berlangsung 2-4 Agustus mendatang di Jakarta Convention Center (JCC).

Simulasi ini dilakukan demi terciptanya koordinasi yang terpadu dari setiap usur yang ada di lapangan maupun yang ada di pusat komando. Selain disimulasikan kemungkinan terburuk jika ada ancaman teror serta penanggulangan hingga tahap evakuasi, disimulasikan juga pengamanan kembali sesudah kejadian, nantinya tidak ada satu celahpun bagi para pelaku teror untuk mengganggu kelancaran dan keamanan KTT WIEF tersebut.(Val)