Komunitas Bonsai Laskar Joko Tingkir Lamongan, Lewat Seni Bonsai Menggerakkan Ekonomi Rakyat

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Komunitas Bonsai Laskar Joko Tingkir (BLJT) Lamongan secara rutin tiap bulan mengadakan kegiatan silaturohmi, seperti nampak pada hari Minggu (10/9/2017) di Karanggeneng Lamongan. Acara tersebut dihadiri pedagang dan penggemar bonsai di Lamongan dan beberapa dari Kabupaten sekitar.

Kegiatan tersebut diisi belajar bersama tentang dunia Bonsai mulai dari pendongkelan, penjualan sampai pengkoleksian. Dalam acara tersebut ditampilkan demo Bonsai. Demo bonsai adalah metode pembelajaran dengan tata cara membentuk tanaman biasa dijadikan bonsai seperti tanaman Serut, Asam Jawa, Cemara. Bahkan bonsai hasil karya penggemar Lamongan ini sering di minati kota-kota selain Lamongan bahkan luar Pulau Jawa dengan harga sampai 200ribu sampai puluan juta sesuai karakter bonsai.

Sementara itu, Seni Bonsai juga sebagai salah satu penggerak ekonomi terutama kalangan ekonomi menengah ke bawah, karena dari sumber usaha karya bonsai ini dapat diperjual belikan mulai dari karakter bonsai kecil, besar bahkan ada yang ukuran lebih besar. Dengan adanya komunitas ini banyak anggota penggemar Bonsai di Lamongan bisa merasakan manfaatnya tentang bisnis Bonsai.

Sultoni Kharis yang juga Sekretaris Umum Komunitas Bonsai Laskar Joko Tingkir (BLJT) Lamongan mengatakan bahwa kegiatan ini harus bisa menjadi wadah untuk menggerakkan ekonomi kemasyarakatan, selain nilai seni yang diunggulkan disisi lain nilai ekonominya juga jangan sampai terlupakan.

”Bagi masyarakat yang ingin bergabung bisa segera merapat ke Bonsai Laskar Joko Tingkir (BLJT) Lamongan karena Penggemar bonsai adalah Asosiasi yang tak terikat namun mempunyai cita cita luhur untuk membantu dan mendobrak ekonomi rakyat melalui Bonsai” imbuhnya. (Omdik)

Arso: Arso Kanalindonesia.com - Seputar Berita Nasional Maupun internasional Terkini dan Update Setiap Hari.