DLH Jombang, Akan Tangani Dugaan Adanya Limbah B3 di Desa Brambang

warga Desa Brambang saat demo atas adanya matrial urug yang diduga limbah B3 pabrik

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jombang akan segera menangani adanya dugaan limbah B3 yang digunakan sebagai matrial urug di lahan tebu milik Kholik, yang berada di Dusun Pranggang, Desa Brambang, Kecamatan Diwek Jombang Jawa Timur.

“ Hari ini Kasi Pengawasan dan penegakan hukum Bu Diana sudah ke lokasi untuk memastikan adanya persoalan limbah B3,” kata Dwi selaku Kabid Pengawasan dan Penegakan Hukum DLH Jombang, Rabu 13 Sepetember 2017.

Lanjut Dwi, bahkan besok pihaknya juga akan memastikan tim penanganan pengaduan untuk mengambil sampel limbah yang diduga B3 dari pabrik tersebut.”  Saya posisi masih di kuar kota. Tim Penanganan pengaduan besok ke lokasi, mas,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan warga Dusun Pranggang, Desa Brambang, Diwek, Jombang, Jawa Timur memprotes atas pengurugan sawah lahan tebu yang di duga menggunakan limbah B3 hasil pengolahan Pabrik Gula (PG). Mereka melakukan protes dengan aksi demo di pinggir jalan tepat di sebelah tumpukan limbah tersebut.

“Sudah sekitar seminggu ini limbah ini di taruh di sini, warga sekitar sini merasakan polusi sehingga rumah dan perabotan jadi kotor, pernafasan juga mengalami gangguan sesak nafas dan batuk,”ungkap Indanah (42) warga setempat kepada wartawan di lokasi demo, Selasa 12 September 2017.

Bahkan kekesalan warga bertambah karena beberapa kali warga mengadukan persoalan tersebut ke pemilik lahan namun tidak ada tanggapan, bahkan sampai warga mendatangi rumah pemilik lahan, yang terjadi malah warga diabaikan.

Parahnya lagi, sejumlah perwakilan warga yang, medatangi kantor kecamatan Diwek untuk mencari penjelasan dan penyelesaian masalah tersebut, namun warga, tidak mendapatkan jawaban pasti dan diabaikan oleh pemerintah setempat.(elo)