Peduli Kebersihan Sampah, Mahasiswa INSUD Lamongan Baksos 1.000 Kantong Plastik

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Di Indonesia, Orientasi Studi Pengenalan Kampus (Ospek) biasanya identik dengan kegiatan perploncoan. Memang trend, namun aktivitas perploncoan mulai berkurang tapi hampir tiap tahun selalu ada isu negatif yang berhembus dari kegiatan pengenalan perguruan tinggi. Rupanya kabar negatif tersebut tiap tahun ini telah ditepis oleh sebuah Institut Pesantren Sunan Drajat di Lamongan.

Mahasiswa Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) menyelenggarakan Bakti Sosial (Baksos) dengan kegiatan bersih-bersih pantai di Pantai Banjarwati di Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada Sabtu (16/9/2017).

Ahmad Nurasyikin, selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) menuturkan bahwa aksi dilakukan dalam rangka kegiatan Ospek.

“Kegiatan ini sebagai wujud nyata kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan pantai yang berada di pantai Banjarwati” jelasnya kepada tim Kanalindonesia.com.

Kegiatan bersih pantai yang dilaksanakan di Pantai Banjarwati tersebut, ungkapnya, menjadi salah satu kampanye untuk masyarakat umum untuk turun tangan berpastisipasi membersihkan lingkungan sekitar.

“Dengan ada kegiatan baksos ini diharapkan masyarakat sadar akan sampah. Tidak membuang sampah sembarangan ke laut atau tepi pantai. Serta masyarakat dapat ikut serta dalam membersihkan sampah disepanjang pantai di paciran,” tambahnya.

Sedikitnya 400 mahasiswa ikut serta dalam kegiatan Ospek dengan memungut sampah ditepian pantai. Panitia menyediakan 1.000 kantong plastik untuk wadah sampah yang berserakan di pantai Banjarwati.

Kegiatan tersebut selain mahasiswa, panitia juga melibatkan Sutiyono Kepala Desa Banjarwati dan Kepala Dusun setempat.

“Melihat banyaknya sampah, kita siapkan 1.000 kantong plastik untuk wadah sampah. Kita masukan plastik lalu ditumpuk ditempat yang seharusnya menjadi tempat sampah,” kata Ketua BEM INSUD.

Selain membersihkan sampah di pantai Banjarwati, mahasiswa INSUD juga membersihkan sampah di tempat wisata religi yang berada di makam Sunan Drajat.

“Berhubung petugas kebersihan di makam sunan drajat terbatas, kami juga bersama mahasiswa Ospek membersihkan sampah dilokasi makam sunan drajat,” ucapnya.

Kegiatan Bakti Sosial ini menjadi agenda rutin tahunan yang dilakukan Mahasiswa INSUD. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan menjadi contoh dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan. (Fer)