Puncak Lamongan Muharram Festival Pada Penandaan Pergantian Tahun

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Lamongan Muharram Festival (LMF) 1439 H bakal mencapai puncaknya pada Rabu (20/9) dengan agenda Penandaan Pergantian Tahun Baru Hijriyah.

Sementara rangkaian menuju puncak LMF sudah dimulai dengan berbagai lomba islami di tribun Alun-alun Kota Lamongan pada Senin (18/9). Seperti lomba kaligrafi, lomba mendongeng cerita nabi dan rosul, mewarnai dan karya tulis nabi dan rosul.

Kegiatan di tribun Alun-alun Kota Lamongan itu sempat ditinjau Bupati Fadeli bersama Wabup Kartika Hidayati. Mereka memberi apresiasi pada sejumlah peserta yang terlihat antusias menampilkan karya terbaiknya.

“Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk menanamkan pendidikan karakter. Dengan meneladani kisah nabi dan rosul, sehingga bisa menjadi tuntunan para generasi muda dalam melangkah, “ tutur Fadeli.

Dia menaruh harapan besar, agar kegiatan semacam itu bisa secara rutin dilaksanakan. Apalagi jika bisa ditanamkan kepada orang tua, untuk menjadikan kisah nabi dan rosul sebagai bagian dari materi mereka ketika bercengkerama dengan anak, di kala menerapkan Gerakan 1821 di rumah.

Panitia Pelaksana pada akhir pekan sebelumnya juga sudah melaksanakan lomba qosidah dan musik banjari di panggung khusus, di selatan Masjid Agung Lamongan. Untuk Gebyar Kampung Hias, sampai saat ini masih dilakukan proses penilaian oleh panitia.

Sementara puncak LMF 1439 H pada Rabu (20/9) akan diawali dengan pawai taaruf oleh siswa dari seluruh sekolah di Lamongan. Penandaan pergantian tahun baru hijriyah kemudian akan dilakukan tepat saat Maghrib tiba yang ditandai dengan pemukulan 9 bedug dan penekanan tombol sirine. (Fer)