Panglima TNI : Perintahkan Jajaran Memutar Film G 30 S/PKI, Agar Peristiwa Pahit Tidak Terulang

panglima TNI saat berada di areal pemakaman Gus Dur

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo membenarkan kabar jika dirinya memerintahkan jajarannya untuk memutar kembali film G 30 S/PKI yang sudah tidak pernah diputar sejak 1998 lalu. Panglima TNI beralasan, pemutaran itu untuk memberikan pelajaran sejarah bagi generasi muda masa kini.

“Iya betul saya intruksikan kepada jajaran saya untuk memutar film itu (G 30 S/PKI). Tujuannya bukan mendiskreditkan siapa yang salah. Tapi untuk memberikan gambaran jangan sampai terjadi lagi sejarah kelam bangsa ini,” kata Gatot saat usai berziarah di makam Presiden RI ke – 4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di komplek makam keluarga Ponpes Tebuireng, Senin 18 Sepetember 2017.

Gatot juga dengan tegas membantah dugaan konflik internal di tubuh TNI dalam film tersebut, yakni penggunaan kawasan lubang buaya yang diketahui berdekatan dengan pangkalan TNI AU.

“Tidak ada konflik di internal (red : dengan TNI AU) di tubuh TNI. Itu hoax dan berbahaya itu. Ini KASAU bersama saya di sini. Kebetulan saat itu kawasan kebun karet di Lubang Buaya cenderung sepi,” ujarnya.

Panglima kembali menegaskan bahwa pemutaran film tersebut bukan untuk memberikan gambaran kepada anak bangsa, jangan sampai terjadi lagi peristiwa kelam tersebut. “Jangan sampai generasi kita terkotak-kotak seperti dulu,” pungkasnya.(elo