Kabupaten Pacitan, Raih Lencana Manggala Karya Utama dan Pakarti Utama 1

Penyematan lencana Manggala Karya Utama serta Pakarti Utama 1 kepada Ketua Tim Penggerak PKK, Kabupaten Pacitan, Hj. Luki Baskorowati Indartato oleh Tim Penggerak PKK Pusat, Ny. Erni Tjahyo Kumolo, di Hotel Aston, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), bertepatan dengan peringatan puncak Hari Keluarga Nasiona

KANALINDONESIA.COM : Prestasi membanggakan kembali diraih Kabupaten Pacitan. Setelah beberapa pekan lalu berhasil memboyong anugerah Adipura Buana, kemarin Tim penggerak PKK Kabupaten Pacitan berhasil meraih penghargaan prestisius berupa lencana Manggala Karya Utama serta Pakarti Utama 1 oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Kabupaten Pacitan, Hj. Luki Baskorowati Indartato. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Tim Penggerak PKK Pusat, Ny. Erni Tjahyo Kumolo, di Hotel Aston, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), bertepatan dengan peringatan puncak Hari Keluarga Nasional, Kamis (28/7) kemarin. Sedangkan lencana Pakarti Utama 1, juga diserahkan langsung oleh istri Mendagri, Tjahyo Kumolo, Jumat (29/7). Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo beserta First Lady, Iriana Joko Widodo, juga hadir menyaksikan penyematan dua lencana itu.

Baca:  Persiapan Tes TKD CPNS, BKPSDM SBB Lakukan Penataan Ruangan

Dalam keterangan persnya, Hj. Luki Indartato, sangat bersyukur atas dukungan dari semua pihak, khususnya masyarakat dan ibu-ibu PKK, hingga diraihnya dua penghargaan tersebut. “Semua ini atas dukungan banyak pihak. Khususnya masyarakat, ibu-ibu PKK, serta rekan-rekan media,” ujarnya, melalui hubungan telepon, Minggu (31/7).

Luki, yang saat itu masih berada di Kupang, NTT, berkeinginan agar penghargaan tersebut tidak hanya bertengger disatu desa di Pacitan. Namun, kedepan desa-desa yang lain juga akan bisa menjadi percontohan, khususnya dalam pengembangan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. “Kunci utamanya, pendekatan secara kekeluargaan, dengan berpedoman kepada 10 program pokok PKK. Insya Alloh, segala kegiatan akan berjalan baik,” kata istri Bupati Pacitan, H. Indartato itu, penuh optimistis.

Baca:  Operasi Keselamatan Semeru 2018 Satlantas Polres Pacitan Sasar Titik Pasar Tradisional Dan Pasar Modern di Kabupaten Pacitan

Lain itu, selaku pembina tim penggerak PKK, satuan kerja perangkat daerah (SKPD), lanjut Luki, diharapkan bisa memberikan dukungan penuh, agar kedepan, PKK akan semakin berdaya dan bisa berperan aktif dalam proses pembangunan. Khususnya pembinaan keluarga dan masyarakat secara umum. “Kita harus bersinergis melaksanakan kegiatan secara guyup rukun. Dan yang utama, pendekatan kekeluargaan. Itu modal paling utama, mengingat karakteristik masyarakat di Pacitan dan juga kondisi geografis serta topografisnya. Dengan begitu, kami optimistis, visi misi Pak Bupati, yaitu mensejahterakan masyarakat akan dengan mudah dapat terwujud,” tandasnya.

(frend)