Inilah Rekayasa Lalulintas Dalam Puncak Grebeg Suro dan FNRP

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Satlantas Polres Ponorogo akan memberlakukan penyekatan dan pengalihan arus lalu lintas dalam kegiatan Kirab Pusaka dan malam pergantian 1 Suro atau Malam tahun baru islam 1 Muharram 1439 H, Rabu(20/09/2017).

Kasatlantas Polres Ponorogo AKP. Wiliam Thamrin Simatupang menjelaskan Rekayasa lalu lintas ini dilakukan guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan menyaksikan kirab pusaka dan merayakan pergantian tahun baru atau satu suro yang dipusatkan di alun-alun Ponorogo.

Penyekatan dan pengalihan arus lalulintas saat berlangsungnya kirab pusaka akan dimulai dari pukul 12.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Sedangkan untuk perayaan peringatan pergantian tahun baru hijriah yang sekaligus penutupan Grebeg Suro akan diberlakukan penutupan dan pengalihan arus lalulintas (Car Free Night) mulai pukul 18.30 WIB hingga selesai.

Adapun rute yang akan dilalui untuk proses kirab rabu siang dimulai dari komplek makam barthoro katong disebelah timur melewati jl. Niken gandini – jl. Bathoro katong – jl KH. Ahmad Dahlan – Jl. Soekarno hatta – Jl. Jend. Sudirman – Jl. Aloon-aloon timur dan berakhir di alun-alun utara depan Paseban atau didepan komplek pendopo Kabupaten.

 

Sementara untuk malam satu suro akan diberlakukan car Free Night atau bebas kendaraan dengan menutup jalan menuju Akses Grebeg suro terutama untuk jalan di kawasan RING satu melintasi alun-alun dan sejumlah jalan utama lainnya seperti jalan Jend Sudirman dan jalan Jenderal Sudirman di selatan Alun-alun hingga pertigaan gatotkaca.

AKP Wiliam menjelaskan telah disediakan kantong-kantong parkir yang ditentukan dan semua pengunjung harus berjalan kaki untuk menuju lokasi perayaan grebeg suro.

“Kirab Pusaka dalam rangkaian Grebeg Suro, Satlantas Polres Ponorogo akan melakukan Penutupan jalur maupun pengalihan arus. Jadi nanti akan kita siapkan sejumlah kantong-kantong parkir. Untuk Kirab Pusaka Kita Mulai Rabu (20/09/2017) pukul 12.00 WIB Siang, dan malamnya kita berlakukan Car Free Night” Terang AKP Wiliam, Selasa (19/09/2017) Siang.

Sedikitnya ada 300 personil kepolisian yang diturunkan selama kirab dan pengamanan malam satu suro yang sekaligus menjadi malam puncak dan penutupan grebeg suro 2017. Ini belum termasuk personil gabungan dari dinas perhubungan dan sejumlah intansi lainnya.(KI-01)