Ratusan Guru TK Belum Dapat Tunjangan, Ini Komentar Kepala Disdik Jombang

ilustrasi

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Adanya keterlambatan pencairan tunjangan insentif  ratusan guru Taman Kanak-kanak (TK) yang bersumber dari Anggaran Program Belanja Daerah (APBD) 2, membuat kepala dinas pendidikan (Disdik) kabupaten Jombang angkat bicara.

Tunjangan untuk guru TK pada tahun 2017, saat ini masih dalam tahap pemberkasan. Sebanyak 700 guru TK dipastikan akan menerima tunjangan tersebut. “ mungkin dalam proses pengajuan ini kan masih ada tahapan verifikasi, dan kini tinggal tunggu waktu aja mas,” kata Dr Budi Nigroho, selaku Kepala Disdik Kabupaten Jombang, Jumat 22 September 2017.

Ketika disinggung terkait adanya data penerima tunjangan insentif ada yang menerima dobel, pihaknya mengatakan segera melakukan pengecakan. “ kita akan segera cek dulu ya mas data, usulan penerima tunjangannya,” imbuh Budi.

Diberitakan sebelumnya, seharusnya tunjangan ini diterima guru TK pada bulan Mei kemarin, dan besarannya yakni Rp 150.000,-, per bulannya.

Dari data yang dihimpun kanalindonesia.com, ada 400 guru TK yang saat ini belum masuk dalam pemberkasan tunjangan insentif, padahal pada tahun 2016 kemarin ada 700 guru yang menerima tunjangan yang bersumber dari APBD Jombang.

Meski guru TK sudah pernah di janjikan oleh Bupati Jombang, aka nada kenaikan tunjangan insentif, yang disampaiakan Bupati pada acara peringatan HUT Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia (IGTKI) bulan Mei (10/5/2017), hingga kini belum terealisasi.

“ ada 700 guru TK, waktu itu Pak Bupati akan menaikkan tunjangan guru TK yang anggarannya dari APBD, dari Rp 150.000,- menjadi Rp 175.000,-, lakok sekarang malah ada 400 guru TK yang belum masuk datanya adalam pemberkasan,”  ungkap salah satu Guru Tk sembari mewanti-wanti namanya untuk tidak dipublikasikan.(elo)