Ratusan Santri Ponpes Huda Sumberwudi Sambut 1 Muharram 1439 Hijriah

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Tahun baru Islam 1 muharram merupakan hari penting dan bersejarah bagi umat islam. Yaitu memperingati peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw dari kota Mekkah ke kota Madinah pada tahun 622 Masehi. Merayakan atau memperingati tahun baru Islam 1 Muharram hakikatnya adalah mengenang kembali peristiwa hijrah sekaligus mendalami makna hijrah dan pengalamannya.

Setiap daerah ataupun lembaga pasti memiliki cara tersendiri untuk merayakan hari tahun baru Islam 1 Muharram, yang pastinya mereka memiliki maksud dan tujuan tertentu. Seperti Pondok Pesantren Nurul Huda Sumberwudi Karanggeneng Lamongan menggelar pawai ta’aruf yang diikuti oleh ratusan santri beserta tenaga pengajarnya.

Acara ini disambut dengan antusias oleh para peserta yang tampil dengan kostum dan kreasi dari masing-masing Lembaga Pendidikan yang bernaung di Pondok Pesantren Nurul Huda, mulai dari PAUD, TK, MI, SMP dan SMA. Tak jarang mereka juga membawa poster-poster yang berisi kata-kata mutiara yang tentunya berisi mengajak untuk berbuat kebaikan.

“Seperti tahun sebelumnya, seluruh Lembaga Pendidikan yang ada disini mengirimkan seluruh siswa dan gurunya mengikuti kegiatan ini,” kata Muzazin, ketua panitia pawai tersebut. Tahun ini pawai ta’aruf 1  Muharram 1439 diikuti oleh 825 peserta, dengan harapan kegiatan ini tahun depan bisa meningkat.

Kegiatan tersebut diberangkatkan oleh KH. ACHMAD ANWARI dan KH. SUUDIL AZKA selaku Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Huda. Dengan route sepanjang 2,5 km melewati beberapa desa yang terdekat dengan lokasi Pondok Pesantren Nurul Huda.

Disepanjang jalan yang dilalui oleh pawai tersebut, masyarakat nampak antusias menyaksikan pawai yang juga diramaikan dengan penampilan drumband hingga kostum menarik layaknyaknya karnafal memperingati hari kemerdekaan RI.

Kharis Amin, salah satu guru SMA Model Wachid Hasyim mengatakan, sebagai umat muslim sudah sepantasnya menjadikan peringatan tahun baru dimeriahkan, dengan harapan tahun berikutnya lebih barokah dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Ini juga momentum memohon kepada Allah agar tahun yang akan kita lewati lebih barokah dan lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata Kharis Amin.

Ia juga berharap kepada para santri khususnya di Pondok Pesantren Nurul Huda Sumberwudi, memiliki budi luhur, sebagaimana diajarkan oleh Agama Islam.

“Penting agar dapat dipetik hikmahnya oleh para santri agar lebih baik dan meningkatkan imtaq,” katanya. (Omdik)