Darurat Kemarau Panjang, Pemkab Lamongan Gelar Apel Siaga Kebakaran

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar Apel Siaga dalam rangka penanggulangan kebakaran lahan diwilayahnya. Acara ini berlangsung di depan Pendopo Lokatantra, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Setempat, Sabtu (23/9/2017).

Apel siaga kebakaran itu dipimpin langsung oleh Bupati Lamongan, Fadeli dan Wabup Kartika, Serta Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) setempat, dan juga seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dihadapan peserta apel Bupati Lamongan menyampaikan, digelarnya apel siaga itu tak lain untuk mengantisipasi bencana kebakaran hutan yang masih saja terjadi di Kabupaten Lamongan beberapa minggu terakhir.

“Memasuki musim kemarau, tingkat kerawanan kebakaran hutan cukup tinggi. Untuk itu masyarakat harus waspada dan siaga dalam menghadapi kondisi tersebut,” ujar Bupati Fadeli.

Sejauh ini sudah terjadi kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Brondong, Kecamatan Modo, Kecamatan Sugio, Kecamatan Solokuro, dan Kecamatan lainnya. Hal ini sudah terjadi dalam satu bulan terakhir.

“Kebakaran dalam beberapa minggu terahir sudah terjadi, maka kami harus siaga dan serius dalam menanggulangi kebakaran,” ujarnya.

Di penghujung apel tersebut, ditampilkam gelar simulasi pemadaman kebakaran, yang dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran, yang disaksikan Bupati dan Wabub serta Forkopimda dan juga jajaran SKPD.

Selain menanggulangi kebakaran hutan, pemkab Lamongan juga siaga menyediakan air bersih untuk di 10 Desa di Tiga Kecamatan yang kesulitan air akibat kekeringan.

“10 Desa di 3 Kecamatan rawan kekurangan air bersih. Kami juga sudah menyiapkan droping air bersih. Dikhawatirkan penghujung kemarau terjadi pada bulan Nobember, maka kami harus siaga,”tambahnya. (Fer)