Mahasiswa Baru UNISLA Digembleng Wawasan Kebangsaan

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Universitas Islam Lamongan (UNISLA) untuk pertama kalinya mengadakan sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara pada kegiatan OPSPEK UNISLA 2017.

Sosialisasi hasil kerjasama Resimen Mahasiswa UNISLA dengan Kodim 0812 Lamongan diikuti sebanyak 500 mahasiswa baru yang dilaksanakan pada hari ini dengan tema “Pendidikan Wawasan kebangsaan dan Bela negara mahasiswa baru universitas islam lamongan”. Diantara pemateri yang ambil bagian, adalah Mayor Inf Wiyono, dalam materi “Wawasan Kebangsaan”.

Dalam kesempatan ini, Mayor Inf. Wiyono, memberikan materi “Bela Negara. Selain itu, ribuan mahasiswa baru juga diberi materi “Keaswajaan dan Deradikalisasi” oleh H. Agus Salim dan H. Bambang Eko Muldjono, yang memberikan materi “Menuju Indonesia Emas”.

Komandan Kodim Lamongan Letnan Kolonel Inf. Sutrisno Pujiono mengatakan, wawasan kebangsaan bertujuan untuk mendidik atau memberikan pengetahuan tentang watak, karakter kepada mahasiswa baru mengenai nasionalisme.

“Agar mereka (generasi muda, red) dapat lebih berkarakter dan lebih cinta kepadabangsa serta menjadi kekuatan untuk bisa mempertahankan Negara Indonesia,” jelasnya.

Letkol Inf Sutrisno pujiono S.E.MM mengharapkan, para mahasiswa akan menjadibenteng ketahanan atau kekuatan tanah air terhadap segala gangguan yang datangdari luar, seperti radikalisme, ISIS, dan globalisasi, “Jika kita tidak memiliki karakter dan kemudian hanya mengikuti alur saja, itu tandanya kita tidak punya jati diri bangsa,” tuturnya.

Selain wawasan dalam berpikir, sambung Sutrisno, pemuda juga harus memiliki wawasan dalam berdisiplin. “Hal itu tidak hanya dilakukan sekali jika ingin tetap kuat kedisiplinannya,” ucapnya.

Maka dari itu, kata dia, diperlukan juga latihan untuk melatih dan meningkatkan kedisiplinan. “Karena yang diseringkan akan menjadi biasa dan yang dijarangkan akan menjadi hilang,” pesanya.

 

Beliau pun berpesan, para generasi muda harus bisa mempertahankan rasanasionalisme yang sudah tertanam supaya tidak pernah hilang rasa cinta tanah airdalam dirinya.

“Generasi muda harus bisa menjaga diri, pandai bergaul, pintar dalam memilih temanagar tidak terpengaruh hal negatif, dan harus memiliki tujuan hidup. Karena mahasiswaadalah pelajar, jadi mereka harus berprestasi dan menjaga nama baik almamater,” imbuhnya.

Sebab, Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, wilayah yang luas dan penduduknya kuat serta indah dalam potensi. “Selain untuk menikmati kekayaan dankeindahan alamnya, kita juga harus bisa mengelolahnya dengan baik,” tuturnya. (Fer)