Prestasi Kinerja RR di Era Pemerintahan Jokowi

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA:  Beberapa contoh kebijakan dan terobosan RR yang berpihak pada kepentingan Rakyat dan Negara diantaranya dorongan RR agar diskon Tarif Listrik 30% Juga Berlaku untuk semua skala industri; baik kecil, menengah, maupun besar, seperti UKM.

Menginisiasi pembentukan organisasi Dewan Negara Penghasil Minyak Sawit (CPOPC), guna melindungi dan mendongkrak minyak sawit nasional dan sekaligus para petani sawit.

Mengawal program Mina padi yang merupakan program budidaya ikan tawar di lahan sawah agar dapat terus berkembang dalam skala yang lebih luas. Bahkan RR menargetkan, pada Maret 2017 sudah ada 100.000 hektare (ha) lahan pertanian yang menjalankan program mina padi. Kemudian pada Oktober 2017, menjadi 200.000 hektare lahan di seluruh Indonesia.

RR juga membuat kebijakan dan terobosan yang berpihak pada nelayan, seperti menata kampung wisata berbasis nelayan, Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan untuk Nelayan, moratorium reklamasi di teluk Jakarta sebagai salah satu kebijkan RR pro nelayan, mengawal pemanfaatan konverter kit BBM ke gas oleh nelayan, dan sebagainya.

Selain itu, kebijakan RR yang berpihak pada kepentingan negara diantaranya meminta menghentikan pembelian pesawat Airbus A350 oleh Garuda Indonesia dan kementerian BUMN karena berpotensi merugi dan syarat KKN, meminta evaluasi target pembangunan proyek listrik 35.000 MW karena tidak realistis dan penuah aroma KKN, memperjuangkan pembangunan kilang darat untuk Blok Masela dalam rangka mewujudkan amanah Konstitusi pasal 33 UUD 1945 dan untuk kemajuan pembangunan di Indonesia Timur, mendorong kebijakan Revaluasi Asset BUMN yang berhasil membuat asset BUMN naik Rp 800 trilliun dan menyetorkan pajak Revaluasi Aset Rp 32 triliun serta berhasil mengubah bea masuk 0% untuk suku cadang pesawat sehingga bisnis maintenance domestic menjadi bergairah.

Membenahi Dwelling Time (Waktu Bongkar Muat) di Pelabuhan Tanjung Priuk agar jalur logistik dan perdagangan lancar sehingga membantu kelancaran ekonomi.

RR juga membuat terobosan kebijakan cemerlang dengan target 20 juta wisatawan di tahun 2019 dengan langkah menetapkan 10 destinasi pariwisata utama nasional, bebas visa, gerakan bersih senyum, dan mempermudah perijinan kapal yacht dan cruise. Terobosan tersebut terbukti mampu meningkatkan target kunjungan wisatawan secara periodik dan optimis mampu menjadi andalan devisa Negara.

Untuk menjaga pengelolaan SDA secara baik dan sesuai konstitusi, RR tak segan-segan bertindak tegas terhadap PT. Freeport agar berbisnis secara fair di Indonesia, misalnya RR menolak segala bentuk perpanjangan kontrak karya PT. Freeport yang tidak sesuai dengan UU. RR menekankan agar semua pembangunan di drive atau dikendalikan oleh Negara,

Dalam konteks mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim, RR menjalankan 5 Jurus mewujudkan agenda tersebut, yakni membangun budaya maritim, membangun sumber daya laut lewat industri pelayaran dengan nelayan sebagai pilar, pembangunan infrastuktur dan konektivitas antar pulau, diplomasi martim dan memperkuat pertahanan maritim.

Kelima jurus mewujudkan poros maritim tersebut sudah mulai berjalan, seperti; program ekspedisi maritim, mendukung penuh pemberantasan ilegal fishing, membangun kerjasama dengan investor Negara lain untuk berinvestasi di sektor maritim.

Harapan Rakyat Terhadap RR

Untuk menompang program Tol Laut presiden Jokowi, juga didorong pembangunan jembatan udara, selain mempercepat pembangunan kawasan industri di Indonesia Timur dan memperkenalkan jalur pelayaran baru selain selat Malaka, yakni melalui selat Lombok.

Banyak hal yang telah dikerjakan RR selama 11 bulan menjabat di kabinet pemerintahan Jokowi, dan tidak sulit mengetahui lebih dalam langkah dan kebijakan RR via searcing internet, ada garis besar yang dapat kita simpulkan tentang sosok seorang RR sebagai aktivis dan birokrat, RR Cerdas, Pemberani, Konsisten, Bersih, keberpihakan kerakyatan dan kepentingan nasionalnya jelas.

Dalam bahasa M. Qodari (Direktur Eksekutif Indobarometer), RR sosok yang tidak hanya melihat sisi teknis, tapi RR di atas itu. Pandangan ekonominya ideologis dan strukturalis. Sangat sulit di temui orang seperti RR.

Sementara KH. Anwar Iskandar, Ketua Wilayah NU Jawa Timur, meyakini; RR aktivis yang sangat cerdas dan kritis kesayangan Gus Dur, selain pengkritik tapi juga mempunyai solusi, kita doakan supaya RR dapat bermanfaat bagi rakyat Indonesia, para kyai sangat optimis dengan kwalitas RR, RR di harapkan dapat membangun bangsa, Indonesia butuh sosok seperti RR untuk mengejar ketertinggalan dari bangsa-bangsa lain.

Semoga RR tetap berjuang mewujudkan harapan, para kyai, para petani, para nelayam, para buruh, dan harapan seluruh rakyat Indonesia. Militansi dan Keberpihakan rakyat akan mengalahkan semua keserakahan dan ketidakadilan. (gardo)