Berantas Narkoba di Jombang, Puluhan Petugas PN Dites Urine

petugas Urkes dan Satresnarkoba Polres Jombang saat lakukan tes urine di PN Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Dalam upaya untuk mewujudkan Kabupaten Jombang, bebas dari narkoba, puluhan petugas Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Jombang, Jawa Timur menjalani tes urine yang dilakukan oleh petugas Satresnaskoba dan Urkes (urusan kesehatan) Polres Jombang, Senin 25 September 2017. Kendati demikian hasil tes urine negative hasilnya, tidak ada aggota PN yang terindikasi menggunakan narkoba.

“Tes urine memang program dari pusat agar  pegawai pengadilan baik dari unsur hakim, pejabat struktural, fungsional dan seluruh karyawan bersih dari pengaruh narkoba,” kata Hera kepada sejumlah wartawan, disela-ela tes urine dilakukan, Senin 25 September 2017.

Masih menurut penjelasan Hera, pihaknya juga mengingatkan agar seluruh awak PN tidak bermain-main dengan narkoba jenis apapun. Sebab jika terindikasi menggunakan maupun terlibat dalam peredaran, yang bersangkutan akan bersiap terkena sanksi mulai teringan hingga terberat berupa pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH).

“Hari ini yang bisa ikut tes urine 46. Lainnya dua orang cuti tahunan, satu hakim cuti naik haji, satu ijin ada hajatan dan satu honorer ijin ikut seleksi CPNS,” ujar Hera.

Sementara AKP Hasran, selaku Kasat Resknarkoba Polres Jombang menambahkan, permintaan tes urine memang dari pihak PN sendiri, bihak Kepolisian hanya turut berpartisipasi. “Hasil pemeriksaan urine  sementara masih nihil,” ungkap Hasran.

Melihat bahaya narkoba yang sudah menyebar rata, disetiap lini, lanjut Hasran, tes urine memang perlu dilakukan tak terkecuali di instansi pemerintahan. “Seperti saat ini PN sebelumnya melayangkan surat dan surat kita tindak lanjuti hari ini. Sebab narkoba tidak melihat batas usia dan status sosial,” pungkasnya. (elo)