Kasat Lantas : Parkir Sembarangan di Jombang Bakal Disanksi

parkir liar yang ada di depan RSUD Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Pengendara di Jombang, Jawa Timur, tak bisa lagi parkir di sembarang tempat atau memarkir kendaraannya di bahu jalan, yang memang itu sebenarnya bukanlah area parkir (red: parkir liar). Bila memaksa, siap-siap saja, petugas akan mengembos ban dan menderek kendaraannya dan dibawa ke kantor Satlantas Jombang.

AKP Inggal Widya Perdana selaku Kasat Lantas Polres Jombang, mengatakan tindakan merupakan bentuk sanksi atas pengendara yang parkir sembarangan. Tentunya bertujuan untuk, menciptakan kawasan tertib lalu lintas (KTL) di Jombang.

“Tapi sebelum sanksi diberlakukan, kami akan memasang himbauan dilarang parkir sembarangan,” kata Inggal pada sejumlah wartawan, Selasa 26 September 2017.

KTL berlaku di jalan protokol. Yaitu Jalan KH Wahid Hasyim, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan KH Abdurrahman Wahid.  Meski sudah ada rambu larangan parkir dipasang di beberapa lokasi, tetap saja masih banyak mobil atau motor yang parkir tepat di bawah rambu larangan.

Menurut Inggal, beberapa area parkir khusus disediakan di tiga jalan tersebut. Di Jalan KH Wahid Hasyim, area parkir berlangganan berlokasi di depan Pengadilan Negeri Jombang, Pengendara juga bisa memarkir kendaraannya di kawasan pertokoan yang tak jauh dari Jalan Ahmad Yani. Lalu, pengendara dapat memarkir kendaraan di Staidon Merdeka dekat dengan Jalan KH Abdurrahman Wahid. “Area parkir bersifat berlangganan,” ujar Inggal.

Pemberian tindakan tegas ini dilakukan oleh satlantas Polres Jombang, mulai pertengahan bulan Oktober. Pengendara yang terkena sanksi diminta untuk mengambil kendaraannya di Kantor Satlantas Polres Jombang di Jalan Brigjen Kertarto.(elo)