Wartawan Di Halang Halangi Saat Peliputan Kebakaran Limbah Pabrik PT. BMI Lamongan

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Tempat pembuangan limbah di dalam Pabrik PT. Bumi Menara Internusa di Lamongan, Jawa Timur, Kamis (28/9/2017). Meski kebakaran tidak besar namun aejumlah awak media yang hendak meliput dihalang halangi oleh sejumlah oknum satpam pabrik. Bahkam sempat terjadi ketegangan antar awak media dengan satpam.

Sebuah tempat pembuangan limbah yang berada disamping pabrik milik PT. BUMI MENARA INTERNUSA di Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, terbakar.

Tiga unit pemadam kebakaran pemkot Lamongan dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api, kondisi limbah yang mudah terbakar dan merembet kebagian lain membuat api baru bisa dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dalam waktu 1 jam.

Dalam kejadian tersebut, sejumlah wartawan terlibat adu mulut dan aksi dorong oleh petugas satpam pabrik. Hal ini terjadi lantaran beberapa media hendak meliput kejadian kebakaram didalam pabrik.

Kebakaran tumpukan limbah pabrik PT. Bumi Menara Internusa sebanyak 10 hingga 15 ton banyaknya. Ini terjadi sekiyat jam 08.00 pagi dan api baru bisa dipadamkan jam 13.00 setelah petugas mengerahkan 3 unit mobil pemadam kebakaran.

Sementara itu pihak pabrik mengatakan kebakaran yang terjadi hanya membakar tumpukan sampah kardus dan plastik bekas yang hendak dijual kembali.

Pabrik PT. Bumi Menara Internusa Lamongan ini meupakan pabrik pengelohan udang eksport. Namun sangat disayangkan pabrik tersebut hingga saat ini tidak memiliki pembuangan limbah. Sehingga limbahnya sering terbuang ke sungai kecil di dekat pemukiman warga. Akibatnya, bau tak sedap pun sering muncul dan dikeluhkan warga sekitar pabrik. (Fer)