Promo Kreatif, Tingkatkan Omzet Penjualan

KANALINDONESIA.COM, SUKABUMI – Upaya-upaya promosi kreatif harus dilakukan oleh para produsen, guna meningkatkan penjualan produk. Apalagi ditengah kondisi perekonomian yang hingga saat ini belum stabil.

Hal tersebut juga dilakukan oleh PT Mulia Knitting Factory, produsen celana dalam Rider. Pihaknya melakukan promo menukar 3 celana dalam bekas dengan yang baru, hanya dengan membayar Rp 5000.

“Ini merupakan salah satu kegiatan promo kreatif dari Rider, yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan kesehatan dan kebersihan diri,” ujar Area Manager PT Mulia Knitting Factory wilayah Jawa Barat, Anton TGL, disela-sela acara.

Program tersebut, kata dia, telah dilakukan sejak tahun 2013 lalu, bekerjasama dengan sejumlah mitra bisnis, di beberapa wilayah.

“Program tukar celana dalam ini sudah dilakukan sejak tahun 2013, kerjasama dengan toserba-toserba, supermarket lokal di beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, Solo, Cirebon, Jogja, Surabaya, Semarang, Tasikmalaya, Sukabumi,” jelasnya.

Menurutnya, program tersebut mendapatkan animo cukup baik dari masyarakat. Terbukti pada tahun 2016 lalu, sebanyak sepuluh ribu celana dalam baru ludes melalui program itu. Nantinya, celana dalam bekas tersebut akan dihancurkan sesuai aturan.

“Rata-rata setiap event kita siapkan sekitar dua ribu pcs,” imbuhnya.

Dikatakan, program tersebut juga menjadi salah satu strategi pemasaran produk.

“Sangat berpengaruh dengan omzet kita. Tentunya, kita berprinsip tabur tuai, kita tabur benih sekarang, kita tuai hasilnya beberapa waktu kedepan. Kalau dulu memakai merek lain, sekarang pakai Rider,” kata Anton.

Selain kerjasama bidang penjualan, pihaknya juga telah menjalin kerjasama program CSR bersama dengan Toserba Yogya. Adapun program tersebut dikemas dalam kegiatan Khitanan massal, yang telah berjalan selama tujuh tahun.

Sementara itu, Store Manager Toserba Yogya Sukabumi, Alexander Arbi Widiantoro mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi program-program marketing yang dilakukan oleh Rider. Kerjasama seperti itu sudah cukup lama dijalin oleh keduabelah pihak.

“Harapannya jelas untuk dapat meningkatkan penjualan dimasa depan, apalagi ditengah kondisi perekonomian sulit seperti sekarang ini,” katanya.

Program promo, kata dia, harus terus dilakukan oleh para produsen guna meningkatkan angka penjualan.

“Memang promosi-promosi kreatif seperti dilakukan untuk membantu kearah penjualan dan mengenalkan produk,” ujar Arbi.

Tim Marketing Toserba Yogya Sukabumi, Usep Heri mengatakan, pihaknya telah melakukan program yang berkesinambungan dengan Rider. Bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, kerjasama juga dilakukan untuk program CSR.

“Tujuannya memang penjualan, tapi intinya juga ke CSR, karena Sukabumi merupakan kota kecil yang kurang terjamah,” tuturnya.

Melalui program CSR, diharapkan juga dapat meningkatkan penjualan.

“Sehingga melekat di masyarakat akan mutu dan kontribusi yang dilakukan Rider,” imbuh Heri.  (gardo)