Di Balik “Open Your Mind” Film Karya Siswa MA. Matholi’ul Anwar Simo

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Film bertajuk ‘Open Your Mind’ yang menceritakan tentang frustasi di bidang pendidikan dan kembali tersadar ketika mengingat ada yang lebih banyak orang lain yang memiliki masalah lebih berat, terpilih menjadi Pemenang II pada ajang Festival Film Lamongan 2017 yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Lamongan.

Film besutan pelajar MA. Matholi’ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng ini disutradarai M. Charis Rijal dan diproduksi ekstrakurikuler sinematografi MA. Matholi’ul Anwar Simo.

Dalam film tersebut memuat sebuah pesan, bahwasanya proses pendidikan itu tidak bertumpuh pada kegiatan di dalam ruangan saja, akan tetapi harus diperkenalkan pada keadaan kehidupan yang ada disekitarnya. Gambaran tokoh yang frustasi akan kehidupannya terutama pendidikan itu memberikan isyarat bahwasanya pola pendidikan kita masih ada titik lemah yang perlu banyak diperbaiki.

Kegiatan sinematografi memberikan banyak ruang untuk mencurahkan segala ide dan gagasan agar bisa diterima pihak lain akan sesuatu yang mungkin tidak ada perhatian.

“Senang dan bangga, karena film pendek kami tahun lalu belum banyak bicara. Ini saatnya kami membawa nama baik MA. Matholi’ul Anwar seperti yang sudah dilakukan sekolah-sekolah lain di Lamongan lewat film,” jelas Ais, salah satu Crew dalam film tersebut.

Guru pembina ekskul sinematografi MA. Matholi’ul Anwar Simo, Saiful Anam Assyaibani mengatakan, keberadaan ekskul sinematografi di MA. Matholi’ul Anwar sebenarnya belum cukup lama. Namun baru beberapa tahun ini difasilitasi Dewan Kesenian Lamongan untuk bisa berkarya.

“Kemenangan ini sekaligus pembuktian pada pihak Madrasah Aliyah bahwa keberadaan ekskul sinematografi penting untuk difasilitasi pihak Madrasah Aliyah,” tutur Saiful lebih lanjut. (Omdik)