Puluhan Rumah Dan Jalan Utama Di Lamongan Terendam Banjir

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Hujan deras yang mengguyur wilayah Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur selama lebih dari dua jam membuat puluhan rumah warga di wilayah setempat terendam banjir. Banjir juga menggenangi sejumlah titik jalan utama sehingga membuat aktifitas warga terganggu. Banjir diperparah akibat tumoukan sampah di sejumlah titik sungai.

Paska hujan deras yang mengguyur wilayah babat mengakibatkan Banjir merendam puluhan rumah warga setempat. Selain merendam rumah, banjir juga merendam ruas jln Gotong Royong dan Jln Pramuka, genangan ait setinggi 40 cm membuat aktifitas warha terganggu.

Warga maupun pengendara yang melintas jalan tersebut, terpaksa harus ekstra hati hati agar tidak terjatuh atau terperosok lubang jalan. Kondisi ini sempat membuat kemacetan menumpuk panjang disepanjang beberapa titik jalan yang terdampak banjir.

Endang Susianik, Warga mengaku banjir terjadi setelah terjadi hujan deras selama dua jam pada minggu siang. Selain itu, banjir juga di perparah dengan rusaknya saluran air serta banyak tumpukan sampah di sejumlah titik sungai.

Aliran air yang tidak lancar membuat sungai tak mampu menampung air hujan sehingga meluber dan menggenangi badan jalan serta rumah warga. Menurut Endang banjir serupa kerap terjadi setiap musim hujan. Banjir biasanya akan surut dalam waktu satu jam kemudian.

“…..hujannya ya deras…kira-kira dua jam mulai setengah tiga sampai sekarang jadi banjir…ini tiap tahun seperti ini soalnya jalannya itu…rumah tadi juga kebanjiran nak…..tapi ya sekitar setengah jam sampai satu jam sudah jablas….,” jelasnya.

Sementara itu untuk mengurangi genangan air sejumlah warga berusaha membersihkan saluran air dan sungai yang dipenuhi sampah.

Warga berharap pemerintah segera turun tangan dalam memperbaiki saluran air serta melakukan pengerukan sampah di kawasab sungai. Hal tersebut agar banjit tidak lagi terulang di saat musim penghujan. (Fer)