Peringati HUT ke 520, Semua PNS Kenakan Baju Khas Ponorogo

PNS di Dukcapil Ponorogo mengenakan baju warokKANALINDONESIA.COM ; Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam memperingati HUT Ponorogo yang ke 520 tahun ini, Pemkab Ponorogo mewajibkan kepada semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di semua SKPD dan juga BUMN dan BUMD maupun guru untuk mengenakan baju khas Ponorogo selama satu minggu kedepan.

Untuk PNS pria mengenakan baju warok/ penadon berwarna hitam lengkap dengan udeng dibagian kepala dan untuk PNS wanita diwajibkan memakai baju batik khas Ponorogo.

Kepada wartawan, Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan,”selama seminggu ini, mulai Senin (1/8/2016) sampai Rabu (11/8/2016) PNS di lingkup Pemkab Ponorogo saya wajibkan. Demikian juga dengan BUMN, guru di Ponorogo juga memakai baju khas tersebut,”ucap Bupati Ipong.

Baca:  Waoww…, Kendaraan Plat Merah Pemkab Jombang, Nunggak Pajak

Kewajiban mengenakan baju khas Ponorogo yang dilakukan setiap HUT Ponorogo dan perayaan grebeg suro ini bertujuan untuk mempertahankan budaya yang ada di Ponorogo agar tidak dicomot begitu saja oleh pihak lain. Karena kesenian Reyog pernah diklaim oleh Malaysia.

Selain itu, Bupati Ipong mengatakan, kedepannya akan dipikirkan satu dari lima hari kerja akan ada kewajiban PNS untuk memakai baju warok.

Disebutkanya, saat ini dari Senin-Selasa memakai baju Linmas, Rabu memakai baju hitam putih, sedangkan Kamis- Jumat memakai baju batik.

“Nanti akan saya ganti, entah hari Jumatnya diganti dengan baju warok. Biar orang juga tidak bosen, ada variasi,” terangnya.
wad