Antisipasi Bencana Longsor, BPBD Kabupaten Jombang Bentuk Tim Siaga Longsor

ilustrasi

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, Jawa Timur membentuk tim siaga bencana longsor. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bencana longsor, mengingat kini tengah memasuki musim penghujan di beberapa daerah di Jombang.

“Tim tersebut bertugas melakukan survei daerah rawan bencana longsor yang ada di Kabupaten Jombang Jawa Timur,” kata Gunadi selaku Kepala seksi kesiap-siagaan BPBD Kabupaten Jombang, Senin 9 Oktober 2017.

Masih menurut pejelasan Gunadi, tim siaga bencana longsor yang dibentuk beranggotakan anggota BPBD Kabupaten Jombang. Selain itu tim ini juga bertugas berkerjasama dengan pemerintah Desa serta Perhutani Kabupaten Jombang untuk memantau titik-titik kawasan rawan longsor dan melaporkan secara berkesinambungan ke BPBD Kabupaten Jombang.

“perangkat desa dan perhutani sudah kita himbau untuk berkerjasama dengan anggota kita dilapangan karena hal tersebut sudah menjadi tupoksi kita,” ujarnya.

Lanjut Gunadi, titik-titik daerah rawan longsor di Kabupaten Jombang yang sudah teridentifikasi oleh pihaknya, yakni meliputi kawasan pegunungan yang ada di Kabupaten Jombang mulai dari Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Bareng dan Kecamatan Kabuh.

“Wilayah kecamatan wonosalam dan bareng menjadi perhatian khusus dari BPBD karena wilayah tersebut sering terjadi longsor,” tukasnya.

Imbuh Gunadi, selain itu, kemungkinan terjadinya longsor jelang musim penghujan sangat rentan terjadi, karena tanah kering yang diguyur hujan dapat menimbulkan retakan dan sangat dimungkinkan terjadi bencana longsor.(elo)