Setya Novanto Kunjungi Pengungsi Gunung Agung Bali

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA, Ketua DPR RI Setya Novanto mengunjungi pengungsi Gunung Agung, Bali. Kunjungan itu bertujuan untuk mengetahui perkembangan situasi dari dampak status Gunung Agung, di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

Novanto didampingi Wakil Gubernur Bali yang juga Calon Gubernur, Sudikerta, Pimpinan Komisi IV Roem Kono, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Golkar, AA Bagus Adi Mahendra, dan Ketua Bulog Provinsi Bali, Wahyu Sutanto.

“Kami menyerahkan bantuan beras sebanyak 5 ton, 2000 paket sembako, 5 tandon air. Kami juga menyediakan sarana air bersih tiap hari 5 tangki dengan kapasitas 3000 liter, fasilitas dapur sebesar 25 juta, perangkat perlengkapan bayi dan 5 truk makanan ternak,” kata Novanto pada Jumat (13/10/2017).

Selain itu, Novanto dan rombongan menyediakan fasilitas MCK (toilet) sebanyak 300 titik yang diperuntukkan bagi pengungsi.

Sepanjang perjalanan Novanto merasakan kegelisahan para pengungsi yang mencapai ratusan ribu jiwa. “Mereka harus meninggalkan kampung halaman, meninggalkan aktivitas keseharian, dan kehilangan mata pencaharian,” ujar Ketum Golkar itu.

Selain itu kata Novanto, mereka harus terpisah dengan sanak saudara akibat status Gunung Agung yang sampai saat ini masih berada dalam status AWAS. “Atas dasar itu, saya selaku Ketua DPR RI, sekaligus Ketua Umum DPP Partai Golkar merasa terpanggil untuk memberikan bantuan,” jelasnya.

Meski demikian dia menyadari bantuan ini tidak seberapa besar, apalagi bisa memenuhi fasilitas seluruh kebutuhan pengungsi yang tersebar di ratusan desa dan kecamatan di wilayah Provinsi Bali tersebut. Bahkan sebagai bagian dari mereka mengungsi ke provinsi lain di luar Bali.

“Saya mengapresiasi kesigapan pemerintah pusat dan daerah yang senantiasa tidak lelah melayani masyarakat dengan memberikan bantuan yang memang sangat diperlukan warga, serta meng-update perkembangan situasi Gunung Agung untuk mengantisipasi kejadian yang tidak di inginkan,” ungkapnya.

Demikian pula kepada aparat keamanan yang tidak mengenal lelah demi menjaga kenyamanan dan keamanan warga di pengungsian.

“Saya berharap Gunung Agung secepatnya kembali normal. Sehingga ratusan ribu pengungsi ini bisa kembali ke kampung halamannya untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari demi masa depan yang lebih baik,” pungkasnya. (gardo)