Diduga Tipu Calon Karyawan Koperasi, Warga Ponorogo Masuk Bui

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Unit II Pidek bersama anggota Opsnal Polres Ponorogo berhasil mengamankan ES(30) warga Dukuh Tugunongko, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Ponorogo, Selasa (17/10/2017) di sebuah rumah makan yang berada di Desa Demangan,  Kecamatan Siman, lantaran diduga telah melakukan penipuan kepada calon karyawan sebuah koperasi di Ponorogo.

Penangkapan pelaku yang selama ini tinggal di Dukuh Malo, Desa Mojorejo, Kecamatan Jetis, Ponorogo ini bermula dari adanya laporan oleh dua orang korban yang masuk ke unit 2 Pidek, Satreskrim Polres Ponorogo tentang tindak pidana penipuan, Senin(16/10/2017) lalu.

Mendapati laporan tersebut, anggota unit Pidek dan Opsnal Satreskrim Polres Ponorogo segera bergerak untuk melakukan penyelidikan, yang selanjutnya berhasil menangkap dan mengamankan tersangka ES berikut barang buktinya dan membawanya ke Polres Ponorogo guna penyidikan lebih lanjut.

Dalam penangkapan tersebut, petugas berhasil mengamankan Barang Bukti (BB) dari tangan tersangka berupa : 1 kwitansi penyerahan uang Rp. 5 juta dari korban Devila Rosa untuk jaminan masuk kerja; 1 bendel slip uang keluar warna kuning; 1 buah ID card tempat bekerja atas nama Devila Rosa; 1 buah buku folio warna biru untuk pembukuan fiktif koperasi; 4 lembar surat perjanjian kerja atas nama Devila Rosa, Dika Pipit Novita, Doni Irawan dan Agung Suryanto: 1 bendel dokumen persyaratan pelamar pekerjaan.

Atas perbuatanya tersebut, tersangka disangkakan telah melakukan tindak pidana penipuan dan melanggar pasal 378 KUHP.

“Saat ini pelaku diamankan di Polres Ponorogo guna pemeriksaan dan pengembangan kasus,”ucap Kasubbag Humas Polres Ponorogo, AKP Sudarmanto.(*)