Pakde Karwo Akomodir 2 Trilyun Dana Aspirasi Jasmas 2017 Untuk Madura

Pak dhe Karwo Jaring aspirasi masyarakat
KANALINDONESIA.COM – Pakde Karwo (Gubernur Jatim) mengakomodir usul baik salah satu wakil rakyat DPRD Jatim Dapil IX Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep), Syafiudin Asmoro. Agar 10 persen dari anggaran 24 trilyun dana aspirasi Jasmas 2017 atau sekitar 2 triiyun lebih, untuk Madura. Hal itu disampaikan Syaifiudin Asmoro saat menggelar acara Penyerapan Aspirasi Masyarakat – Reses tahun 2016 di Desa Grisgis Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan, Jatim.

“Tahun 2017 nanti, 4 kabupaten di Madura insyaallah akan mendapat bantuan 500 milyar. Kemudian dari 500 miliar ini masing-masing desa bisa mendapat bagian 1 miliar untuk dana aspirasi Jasmas 2017,”ujar Syafiudin Asmoro, Sabtu, (5/8/2016).

Baca:  Ini Alasan Badan Sertifikasi Internasional WQA Berikan ISO 9001:2015 Kepada Baznas

Menurut dia, dana 1 miliar tersebut bisa digunakan untuk sumber air bersih, memperlancar irigasi dan memajukan SDM seperti kebutuhan masyarakat di Desa Grisgis Kecamatan Modung Bangkalan ini.

“Kami berharap, nantinya warga Desa Grisgis tidak akan kesulitan air bersih lagi dan irigasi persawahan bisa teratur sehingga para petani bisa panen 2 kali dalam setahunnya,” ucap politikus Gerindra tersebut.

Selain itu, dari hasil dialog interaktif, masyarakat Desa Grisgis mengusulkan agar masalah pendidikan madrasah diniyah (MD) aliran salapiyah swasta yang tersebar di desa-desa mendapat perhatian dari pemerintah. Termasuk guru MD-nya hingga saat ini belum juga mendapat bantuan honor dari pemerintah.

“Selain air bersih, irigasi dan SDM. Kami minta kepada pemprov. Jatim supaya sektor pendidikan non formal atau MD Salapiyah mendapat perhatian,” usul salah satu warga Desa Gresges, Ustad Faisol.

Baca:  Desa Mati di Zona Merah Gunung Agung

Usul tersebut langsung ditampung Syafiudin Asmoro. Dia menambahkan, aspirasi semacam itu sudah ada dan pernah digodok tentang honor ustad MD dikalangan salapiyah. Namun pasal tersebut dinulir. Karena anggaranya melebihi Rp. 1 triliun

“Meskipun begitu, usul tersebut tetap kami tampung dan akan disampaikan dalam sidang anggota dewan nanti,” pungkas Syafiudin Asmoro.

Yans