Kirab Keliling Desa, Yayasan Ar Rohmah Sukodadi Peringati Hari Santri Nasional

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Banyak hal yang dilakukan untuk merayakan Hari Santri Nasional, seperti yang di lakukan oleh Yayasan Pondok Pesantren Ar Rohmah, Desa Bandungsari, Kecamatan Sukodadi, Lamongan, Jawa Timur. Mereka melakukan kirab keliling kampung dengan menggunakan pakaian ala santri yang serba putih.

Sekitar 500 peserta yang terdiri dari santri dan anggota Jama’ah Pengajian dari Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Rohmah mengelilingi Desa Bandungsari dan Desa Tlogorejo, Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan, Minggu (22/10/2017).

Hal itu diharapkan bisa mengenalkan santri yang belajar di Yayasan Pondok Pesantren Ar Rohmah Bandungsari Sukodadi tersebut dengan Hari Santri Nasional.

“Ini menjadi momentum bagi kami untuk mengenalkan kepada santri dan masyarakat bahwa saat ini ada hari besar bagi santri di Indonesia,” ujar Mustain, Pengasuh Ponpes Ar Rohmah kepada kanalindonesia.com.

Sebelum menggelar kirab, pada hari sebelumnya diadakan pembacaan Sholawat Nariyah yang dilakukan oleh para santri dan Jama’ah. Serta diperkenalkan akan sejarah perjuangan santri yang punya kontribusi besar bagi kemerdekaan Indonesia. Dengan pengenalan itu, mereka diharapkan terpacu untuk lebih giat belajar dan punya semangat juang untuk agama, bangsa dan negara.

Acara yang disemarakkan oleh penampilan Group Drumband MTs Ar Rohmah tersebut banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat sekitar yang dilalui oleh rombongan kirab tersebut. Ini terbukti dengan beberapa suguhan minuman yang dikeluarkan oleh warga menyambut kedatangan para peserta kirab.

Miftah Farid sebagai koordinator kegiatan kirab mengatakan bahwa untuk menambah kemeriaan pelaksanaan kirab dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, maka pihak Yayasan menyediakan beberapa hadiah hiburan sebagai pengganti lelah mereka.

“Semangat masyarakat  dalam mendukung kegiatan ini sangat terasa, mulai dari menyiapkan segala sesuatunya sampai kehadiran mereka walau cuaca sangat panas siang ini”, tambahnya.

Dia juga berharap kegiatan ini bisa lebih meningkat pada tahun berikutnya, dengan jumlah peserta yang lebih banyak dan juga semakin meriah. (Omdik)