Aulia Rahma Ariska, Yatim Juara OLIMPIADE OMATIQ Tingkat Nasional

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Aulia Rahma Ariska 12 tahun anak yatim asal Dusun Pasar Sore Desa Kanugerahan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan berhasil meraih juara pertama pada Olimpiade Matematika dan Qur’an (OMATIQ) 2017 tingkat Nasional. Riska panggilan akrab Aulia Rahma Ariska tersebut berhasil menyingkirkan 58 peserta dari 43 kota se Indonesia.

Kegiatan OMATIQ yang berlangung 20 – 22 Oktober 2017 di Dome Kemenpora Senayan, Jakarta tersebut. Riska yang baru duduk di bangku kelas 6 MI Nihayatul Ulum Pangkatrejo Kecamatan Maduran tersebut berhasil menyingkirkan rifal-rifalnya.

Dengan menjadi juara pertama diajang tersebut anak Subeki (alm) itu berhasil mendapatkan uang pembinaan Rp 7,5 juta, piagam penghargaan, dan piala.

”Saya sangat bangga Riska bisa juara seperti ini. Selain sekolah di MI Riska juga ikut belajar di TPQ Roudlotul Qur’an di Dusun Pasar Sore Desa Kanugerahan Maduran,” terang Dimyati Lathif, pembimbing Riska, Selasa (24/10).

Dimyati Lathif berpesan kepada Riska tidak boleh minder, walaupun hidup sudah tidak didampingi seorang ayah sebagaimana layaknya anak-anak lainnya. Juga dengan kehidupan yang serba pas-pasan.

Selain itu, juga tidak boleh sombong dan cepat puas diri walaupun telah memperoleh juara. Tapi harus tetap rajin belajar dan terus berusaha menjadi yang terbaik.

”Saya terus mewanti-wanti Riska jangan sampai timbul sifat sombong. Dan terus rajin belajar, yang terpenting jangan tinggalkan sholat,” ujar Laki-laki yang berprofesi sebagai guru mengaji tersebut.

”Riska itu dimata saya adalah anak yang santun, mandiri, cerdas, dan rajin. Selain itu, juga pantang menyerah dan yang sangat menarik hati saya anaknya itu cuek dan santai,” pungkasnya.

Keberangkatan Riska ke Jakarta atas peran serta dan uluran tangan dari Yayasan yatim Mandiri. (Omdik)