Diduga Gelapkan DD dan Aset Desa, Kades Sumbernongko Dilaporkan Polisi

warga Desa Sumbernongko saat melapor ke Polres Jombang( foto :elo)
warga Desa Sumbernongko saat melapor ke Polres Jombang( foto :elo)

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Lagi-lagi, dugaan penyimpangan Dana Desa (DD) dilaporkan pada aparat penegak hukum. Kali ini Sumartono selaku kepala Desa (Kades) Sumbernongko, Kecamatan Ngusikan, Jombang Jawa Timur, dilaporkan warganya ke Polres Jombang, pasalnya kuat diduga Kades Sumartono menggelapkan sejumlah uang dari DD yang nilainya mencapai ratusan juta.

“Yang saya laporkan dugaan penyimpangan uang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dari DD tahun anggaran 2015, sebesar 100 juta,” kata Tri Widodo saat ditemui sejumlah wartawan di Polres Jombang, 28 Oktober 2017.

Bahkan menurut Tri, uang dari Bumdes tersebut, seharusnya disalurkan pada masyarakat, namun di Desa Sumbernongko, tidak ada warga yang menerima dan mengetahui alur dana Bumdes tersebut.

“ Di lima Dusun tidak ada warga yang meminjam uang dari Bumdes, tidak ada penerima. Bahkan warga tidak ada yang mengerti apa itu yang namanya Bumdes mas,” ujar Tri.

Lanjut Tri, selain melaporkan adanya dugaan penyimpangan dana Bumdes dari DD tahun anggaran 2015, pihaknya juga melaporkan Kades Sumartono atas dugaan penggelapan uang hasil sewa tanah kas Desa.

“Ada kekosongan perangkat pada tahun 2016, dan tanah yang kosong ada 13 bahu, itu satu bahunya disewakan ke warga 10 juta, tapi laporan yang masuk di LPJ dari total keseluruhan 13 bahu, nominal uangnya hanya 60 juta,” ungkapnya.

Saat ditanya selain melakukan laporan apakah pihaknya, juga melam;pirkan sejumlah bukti-bukti awal pada pihak Kepolisian dari Polres Jombang, pria yang akrab disapa glondong tersebut, mengatakan bahwa semua bukti sudah diserahkan pada pihak kepolisian.” Sejumlah barang bukti sudah saya serahkan oada yang berwajib mas, tinggal penyidik aja yang turun ke lapangan,” tukasnya.

Sementara itu Sumartono saat dikonfrimasi melalui sambungan telephone seluler, yang terdengar hanya nada sambungnya saja, dan saat dikonfirmasi melalui aplikasi WhatsApp (WA), kades Sumartono masih enggan memberikan komentar mengenai adanya perihal laporan warga atas dirinya ke Polres Jombang.(elo)

Area lampiran